P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Dukun mertobat....

Di pelosok ndeso yang katrok, hiduplah seorang dukun dengan seorang muridnya..sebutlah nama si dukunnya mbah trondol...Meskipun hidup di ndeso pelosok bin katrok, kehidupan mbah dukun dikampungnya termasuk borju bin muke loe bau, gimana gak borju, dengan rumah elite tingkat 3 dengan segala perabotan yang wah, mobil mewah lima biji, dan non istri..Gak tau bisnis apakah yang bisa membikin mbah dukun sampai berhasil dalam segi hartanya (apakah ada sabetan sampingan selain jadi mbah dukun)..Pokoknye, masyarakat ndeso situ bilang, mbah dukun trondol itu tidak ada kerjaan lain bin sampingan selain jadi dukun..

Mbah dukun trondol memiliki seorang murid yang sangat disayangnya, namanya kang gondhes..Kang ghondhes inilah kelak yang kata mbah dukun trondol bakal mewarisi ilmu kedigjayaannya. Kang gondhes memliki sifat penurut, pokoke manut wae opo sing dipituturi mbah trondol..Suatu hari, setelah melanglang buana di dunia perhitaman, mbah dukun trondol mengutarakan isi hatinya kepada sang murid kesayangannya, kang gondhes...simaklah percakapan singkat antara mereka berdua:

Mbah dukun trondol : Le, thole Gondhes...Simbah iki wis sepuh...simbah sudah melanglang buana di dunia perhitaman, tidak ada satupun dunia perhitaman bin perdukunan yang belum simbah coba...Nah, sekarang waktunya simbah menurunkan semua kesaktian simbah kepadamu, simbah mau mertobat.
Kang gondhes: Loh mbah, kok mau mertobat mbah..emang apa yang salah dari dunia perdukunan mbah..kok sampai mertobat segala...
Mbah dukun trondol: Oalah le, thole..rika urung ngerti tohh...perdukunan kuwi syirik le..nyekutokne gusti Alloh karoan makhluke...Opo rika ora pernah weruh, nek inyong kuwi sakjatine gunakke kekuatan bantuan jin kampret penunggu pohon waru..mangkane inyong saiki dadi sugeh mblegedhu koyo mengkene lee...Mangkane sakdurunge mati inyong pingin mertobat, pingin nularke ilmu inyong nyang rika...
Kang ghondhes: Loh, Katanye ilmu perdukunan kuwi syirik kok malah arepan nurunke ilmune nyang inyong toh mbah..
Mbah dukun trondol: Sakjane iyo, cuman mengko mertobate nek uwis tuwo wae, nek wis arepan dipanggil sing Kuoso..Ayohh, mrene nyerako kene, tak tularke ilmu pamungkas inyong, ilmu melet....
Kang ghondhes: Mbah, nek ilmu melet aku wis ngerti mbah..gak usah rika ajarke juga inyong wis pinter...nihhh caranya (sambil julurin lidah)....gini kan mbah...?
Mbah dukun trondol: Mak glodhak....Oalah ndes, ndes...bodho kok dipliara...bukan itu maksud inyong...ituloh ilmu pelet itu lohh...
Kang ghondhes: Oh, ilmu pelet tohh...Loh, klo ilmu pelet mah kagak usah dipelajari mbah...daripada repot-repot buatnya, inyong tinggal beli itu di pasar ikan or burung...Kebanyakan bagus tuh mbah dipakai buat mancing...Kang srontot kemarin pakai pelet, dapat ikan banyak tuh mancingnya...
Mbah dukun trondol: Gusti Alloh, inyong tobat...inyong tobat...mumet inyong....

Itulah seklumit cerita mbah dukun trondol mertobat dan muridnya...kedua duanya mertobat dari dunia perhitaman..Bahkan mbah dukun trondol sendiri meyakini klo yang dilakukannya selama ini telah melanggar ketentuan Alloh...Kadang, banyak orang berpikir bahwa mertobat itu adalah nanti saja setelah badannya bau tanah..Padahal masalah pati kuwi Gusti Alloh sing kaweruhi...Ora ono salah sijining makhluk sing ngerti kapan dhewekke di pundhut kalihan Gusti Alloh..mungkin bisa jadi habis ngeblog langsung dipundhut, atau lagi di tempat asusila pas lagi bermesum ria dipundhut juga bisa...Dimanapun, kapanpun, dalam keadaan apapun hal itu bisa jadi terjadi, dan itu pasti...


Almufrodat/kosakata:
1. Pokoke manut wae opo sing dipituturi= Pokoknya ngikut aja apa yang dinasihatkan
2. Wis sepuh= sudah tua
3. Rika urung ngerti tohh= Engkau belum ngerti tohh
4. Nyekutokne= menyekutukan
5. Sakjane iyo= sebetulnya sih iya
6. Tuwo= tua
7. Mrene nyerako mrene=sini, mendekatlah sini
8. Pati= ini bukanlah nama kota, tapi bermakna kematian
9. Kaweruhi=mengetahui
10. dhewekke= dirinya
11. Dipundhut= Diambil

4 Responses to “Dukun mertobat....”

  1. # Anonymous Anonymous

    Mas Oke..dapet ide ceritanya darimana?apakah dulu pernah belajar menulis karya tulis?  

  2. # Anonymous Joko

    janganĀ²...................
    ah kurasa tak mungkinlah kalo Kang Gondhes itu.......  

  3. # Anonymous Anonymous

    Ass.Wr.Wb.
    Wadaw... baca tulisanmu mengingatkan akan hal2 yang sudah kita lakukan... kesiapan untuk meninggalkan dunia, makasih dah dikasih kesempatan membaca, merenungkan, dan merubah ke arah yang lebih baik, amien.. insya Allah.  

  4. # Blogger Sibolang

    to animous 1====> wah tiba2 aja kok kang idenya, klo dapat wangsit aja baru bisa nulis..he.he


    to mas joko takukuk===>kang gondhes itu nama pasaran mas..tapi jarang yang gunain..


    to animous 2====>wa'alaykumussalam, wah sama2 mengingatkan kangg...  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health