P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Serahken (Kenafa) Kepada Ahlinye...

Sibodhong, si gondhes, kang paijo, dan kang ogah lagi asyik masyuk ngobrol tentang perpolitikan kelas wahid di sebuah gardhu pos ronda yang hampir roboh dimakanin rayap..Hari ini Pembicaraan perpolitikan tidak hanya santapan bagi para elite kelas senayan saja, namun si bodhong, si ogah, si ghondhes, dan paijo, kelas penjaga gardu rondhapun ikut-ikutan nyumbang sih buat menyemarakkan pembicaraan kelas wahid ini..Mari kita simak obrolan 'gladrah mereka di pos ronda tersebut, yang secara tak sengaja direkam oleh sinyong yang kebetulan lewat situ:

Obrolan gladrah versi I
Si Bodhong: nDhes, inyong dapat kabar burung, rika mau jagoin jadi wakil rakyat dari fartai "nyang tahu sajah" ya??
Si Ghondhes: Ha kok tahu? kabarnya dari burungnya siapa emang??
Si bodhong: dari kabar burungnya pak RT dhes..
Si Ghondes: ooo, dari kabar burungnya pak RT tohh...ha pak RT itu kan memang tim suksesnya inyong loh kang..
Si Bodhong: Wooo, pantesan..Tapi ngemeng-ngemeng nih, rika entar rencananya rika di senayanan mau ngapain ndes??
Si Ghondhes: Inyong mau masuk komisi hankam kang..
Si Bodhong: Heloh, sampean kan lulusan sarjana perikanan kan kang?? ha kok mau masuk ke komisi hankam, nyambungnya dari mana toh kang??
Si Ghondhes: Wealah, meskipun inyong lulusan perikanan, tapi inyong kan kepala keamanan perondaan di RT inyong kang?? so, inyong dah berpengalaman lah masalah hankam gitu...
Si Bodhong: ooo gitu yaa, bener juga ya...

Obrolan gladrah versi II
Obrolan berlanjut, si bodhong dengan kang paijo. Seperti diketahui mereka berdua memang dari jaman bahulak sudah terkenal dengan peran saling antagonis..Mereka berdua pernah memperebutkan kursi kades di kampung mereka. Mereka berdua sudah menghabiskan miliaran rupiah buat saweran untuk jadi kades yang akhirnya si paijolah yang menang..Namun kini kang paijo telah pensiun dini, gara-gara ketahuan nilep duit kas desa...Dan kini mereka bersaing kembali untuk memperebutkan duduk di senayan city...
Si bodhong: Kalo dengan rika sendiri gimana jo, paijo?? rika nempel-nempelin foto rika di pohon-pohon gitu apa ngikutin jejaknya munyuk kang??
Kang paijo: Munyuk gimana maksud rika?
Si bodhong: Eh salah, kang ghondhes mangsud inyong??..
Kang Paijo: Yoi kang..Jangan lupa ya kang yaa..Contreng inyong yaa...
Si bodhong: Tapi Maaf nih ya kang yaa.. Itu foto-fotonya kok agak lain sama wajah rika kang. Di foto yang rika tempelin lebih banyak senyum, gigi tongos rika bisa tersembunyi, wajah rika bisa mulus tanpa didempul..Apa bener itu foto asli sampean kang??
Kang Paijo: ngehina nihh??
si bodhong: suer kang, beda jauh sama muke elo nyang asli kang?? muke elo kan giginya muncul ke permukaan, senyuman rika biasanya muncul kalo mengandung umpan aja, and wajah rika bulet kayak marmut??
kang Paijo: Weladhalah, ha anak ini kalo didiemin kok malah ngejek mlulu..
Si bodhong: Bukan ngejek kang, tapi kenyataan nih kang..suer deh, berani disamber geledek kayak si dukun cilik di jombang itu loh..
Kang Paijo: Heloh, rika ngajak kelahi nih mangsudnya..
Si bodhong: Heloh, iyong kan berkata jujur kang..kalo situ mau ngajak kelahi ayo gue ladenin..
(bak buk, bak buk..buk bak, buk bak, deer...Calon wakil rakyat latihan kelahi...)..nah ini cocoknya di komisi HAM...

Obrolan gladrah versi III
Keesokan harinya, setelah kejadian perkelahian kemarin yang lalu..Pos ronda jadi sepi, yang ada cuman kang ghondhes dengan kang ogah, sambil ditemani kopi hangat dan irama ndangdut si yuli ngeres..
Kang ghondhes: kang, gimana nasib kang bodhong sama kang paijo ya kang yaa?? Dah baikan belum tuh?? Tapi inyong denger mereka saling lapor ke polisi tuhh..gak tau tuh, gimane hasilnya..
Kang Ogah: Tau tuh kang, dah biarin aja..entar juga baikan sendiri..Mereka kan bikin sensasi aja, biar tambah terkenal..biar meningkat perolehan suaranya entar...
kang ghondhes: O gitu yaa, tapi ngomong-ngomong nih kang..Rika katanya juga ndaftarin jadi wakil rakyat thoh kang???
kang ogah: Iya kang, sebenarnya sih inyong agak ogah-ogahan gitu kang..tapi karena tuntutan hidup iyong, yang sehari makan, 2 harinya lagi gak makan itulah inyong mau ndaftar jadi wakil rakyat dhes..Siapa tahu inyong bisa menyalurkan keahlian inyong...
Kang ghondhes: Rencanya kalo jadi wakil rakyat mau masuk komisi apa kang..
kang ogah: Komisi percepekan kang..
kang ghondes: Heloh komisi apa tuh kang..kok baru denger..
Kang ogah: Ya sesuai dengan keahlian inyong kan kang, inyong kan biasanya narikin uang dari perempatan jalan untuk ngatur lalu lintas jalan dikampung kita kang..
Kang ghondhes: ooo gitu yaa...bener juga ya..

Nah, bagaimana menurut pendapat rika..Mana yang rika pilih???

Partai Nyang Tahu Sajah

Beberapa bulan ini, kita semua (inyong dan rika) serasa disuguhi pemandangan yang menjemukan..Tapi mungkin bisa kita maklumi, karena memang lagi masanya seperti itu..Mau ngrebahin badan ketika mau tidur, baru angop eh terdengar sayup-sayup, "Ayo Filih fartai Bang flecit, dijamin tidur rika gak seperti sekarang, susah tidur gara-gara mikirin utang".. he..he..bener juga ya..Baru mejamin mata beberapa menit, hak kok malah ngimpi ada orang-orang pada teriak " Hayoo jangan lupa Filih partai Bunga Tidur, biar rika ngimpinya enak gak dikejar-kejar sama Debt Colector, tapi dikejar-kejar sama si bunga tetangga sebelah, dijamin mak nyos...Wah, asyik nih kalo ntar milih fartai bunga tidur...Bangun Tidur, ngucek-ngucek mata, terdengar dari TV tetangga sebelah..Jangan sampai lupa, Contreng nomer 107 dijamin rika bangun tidur bakal sumringah, gandas waras, karto tentrem karto raharjo.. Baru siap -siap mau ke kamar mandi, terdengar sayup-sayup dari TV tetangganya inyong punya tetangga "Filih fartai Sumur dijamin air FAMnya gak buthek lagi"..Wah, mantabss nih fartai, inyong bakal milih nihh...

Selesai mandi, tidak lupa gosok gigi, cuman lupa sabunan mandi, sebagai gantinya pakai minyak wangi.Akhirnya selesai persiapan berangkat kerja..pamitan sama keluarga, langkahin kaki sambil baca Bismillahi tawakaltu 'ala Alloh Laa Haula wa laa Quata Illa Billah..Kemudian naikin si butut, sambil baca subhanalladzi sakhorolana hadza wama kunna lahu muqrinin wa inna ila rabbina la munqolibun. Di jalanan ketemu si komo lagi nyayi, macet lagi-macet lagi..Terlihat di kanan kiri foto-foto orang ganteng-ganteng dan cantik-cantik, disamping kanan-kirinya terpampang tulisan beraneka ragam.."Tidak mau macet, Filih saja fartai Si KOMO, dijamin rika ntar bakal berangkat kantor kayak naik pesawat"...yang lain berkampanye "Rika kena macet, filih fartai sabar ajah, nyang fenting selamet" wahh, bener juga nih, yang fenting selamet...Yang lainnya lagi berkampanye, "Hari gini masih kena macet, gak jaman lagi!!! Filih saja fartainya wong ndeso, dijamin kehidupan rika bakal kayak di ndeso sonoh"..Wah, ini nih baru filihan inyong..hidup ala ndeso, tidak ada macet, makan sambel trasi lauk teri, minumnya air kali....wahhh..bener-bener mantabss...

Itu sekelumit saja, masih banyak sebenarnya fartai yang belum masuk ke blog ini yang tentunya setiap partai memiliki janji-janji yang memikat hati..Kalo inyong diperbolehkan sih pinginnya entar inyong mau nyentang semuanya..Hawong janjinya mantabss-mantabss jee..Ha klo berangkat kerja kayak naik pesawat kan mantabss tuhh...Kalo misalkan aja jam masuk kantor jam 7.30 pagi, inyong bisa berani berangkat jam 7.00 pagi dari rumah..Ha klo misalkan masuk jam kantor jam 10 pagi, inyong bisa gunain dulu waktu senggangnya buat angon bebek dulu sampai jam 9.00 pagi, baru deh waktu satu jam sisanya buat persiapan kerja..enak kann...

Itulah janji.. Janji sebenarnya bisa untuk membedakan sifat seseorang..Apabila seseorang berjanji, kemudian dari janjinya dia menepati janjinya maka bisa dikatakan dia seorang yang amanah..Namun, kalo hanya janji-janji saja, tanpa memenuhinya maka sebenarnya yang ditakuti adalah ada salah satu tanda sifat munafik pada diri seseorang tersebut..Alloh SWT pun berjanji kepada orang munafik, dijanjikan oleh Alloh SWT di akherat nanti, tempatnya adalah di neraka jahannam paling dalam (keraknya neraka)..Sesungguhnya janji Alloh adalah benar, dan Alloh Ta'ala tidak akan pernah menyelisihi JanjiNya...




Inyong Return

Tidak mau kalah sama Suparman Return atau sebangsanya, Lelaki Jelek (Bad Man) Return, giliran inyong mau ikut latah ngadopsi petualangan mereka juga..Iya benar, Inyong return..Return balik maning ke dunia perbloggeran..Setelah sekian lama bertapa di permalasan ngeblog akhirnya inyong tetapkan mulai tanggal, hari, jam, detik ini inyong tetapkan sebagai hari perinyongan return sedunia (menurut versi www.okebebeh.blogspot.com)..

Mungkin rika pada bertanya-tanya, kenapa inyong kok berkenan balik maning ke dunia perbloggeran..Berikut alasan-alasan inyong:
1. Penghuni bonbin pada marah, gara-gara inyong kagak pernah update lagi ini blog, Otomatis Foto-foto mereka jadi jarang lagi terpampang di dunia infotainment (blog ini)..
2. Untuk menjawab kegelisahan para pembaca setia, bahwa inyong alhamdulillah masih hidup..
3. Mendekati pemilu, so bisa ikut ajang nyari saweran dari partai..karena inyong menerima iklan-iklan mereka untuk dinongolin di blog inyong
4. Inyong kangen sama koment rika (he....he..), so perbanyaklah koment
5. Inyong ingin berbagi sama rika, dalam keadaan suka dan duka (halahh...)
6. Inyong punya opsesi, menjadi manusia yang bermanpangat..
7. Belum kepikiran alasan yang lainnya...

Cuman yang berbeda dari inyong dibanding tokoh-tokoh lainnya (suparman return/batman return yang sekali return memiliki kemampuan tambahan lainnya) adalah inyong bisa dibilang biasa-biasa aja, tidak ada peningkatan sama sekali, bahkan mungkin semakin menurun kualitas penulisannya..Mungkin faktor usia ikut mempengaruhi kali ya, atau faktor lainnya inyong kagak tau.. Tapi yang jelas adalah bahwa hari ini Inyong Return..Rika mau nglempar sandal apa teklek terserah gara-gara gak ngarepin inyong return maning di dunia blogger. Rika mau ngumpat-ngumpat gara-gara saking rindunya sama inyong ya terserah (halah narsis)...So, silahkan dinikmati aja apa adanya, ya beginilah inyong..

Oleh-oleh Mudik Part 1: Mudik Ke kampung Halaman

Acara mudik tahunan menjadi acara special buat inyong. Rasanya mak plong dihati, rasanya adem ayem tentrem (pakdhe) karto (mbah) raharjo, rasanya dunia ini serasa milik berdua (heloh kok hora nyambung), rasanya serasa makan sego pecel dipincuk plus tempe, rasanya seperti barusan meninggalkan masa lajang saja and akhirnya honeymoonan..Goodbye kemacetan, Goodbye polusi, Goodbye kebisingan, Goodbye kerja kemalaman, Goodbye kesemerawutan, Goodbye dunia gemerlap, and Goodbye DLL..

Inyong gak tahu, apa rika sama perasaaannya sama inyong ketika mudik ke kampung halaman, seperti nyang inyong ekspresikan diatas..Mungkin ada beberapa orang yang enjoy dengan kehidupan di metropolitan ini, kekuasaaan, harta dan wanita mungkin dah mereka raih semuanya..Semua serasa mudah bagi mereka yang dah merasa enjoy dengan kehidupan metropolitan ini, semua terbeli dengan uang mereka, kerja berangkat pagi dan pulang ke rumah pagi juga..Anak-anak mereka dah punya orang tua "tandingan" dan guru-guru sendiri, yaitu pembantu mereka...Rumah megah yang telah dibangunnya hanya sempet dicicipi dan dihampiri beberapa jam saja setelah itu pergi lagi, selebihnya pembantu-pembantu mereka yang paling banyak mendiami...Mal, resto, klub malam, discotik, hotel-hotel mulai dari berbintang sampai berbulan memanjakan kehidupan metropolitan..semuanya bisa dibeli dengan uang , wanita dan kekuasaan..........................

Masih terasa petuah guru inyong di kampung ketika beliau berdiri didepan kami semua.."Kita semua ini pasti akan merasakan yang namanya mudik..entah hari ini, besok, apa lusa, wallahu alam..Kita hari ini berkelana, mempersiapkan bekal untuk mudik dari berkelana..jadilah Pengelana yang sukses, persiapkan bekal yang sebanyak-banyaknya karena dengan bekal itulah kita akan sukses..berhati-hatilah, karena ini tidak sembarang mudik yang mana kita bisa seenaknya kembali lagi setelah mudik..Tidak ada kata kembali setelah mudik itu, yang ada adalah kita langsung pensiun, kembali ke kampung halaman kita..Tidak ada kata penolakan, karena semua harus nurut untuk mudik...Tidak ada kata "tunggu sebentar ya, gak punya bekal jee", yang ada adalah adalah 'gah 'gih sendiko dawuh Gusti..Inilah hari mudik sebenarnya, mudik ke kampung akherat...Oleh karena itu persiapkan bekal yang sebanyak-banyaknya, bekal iman dan amal sholeh"

Nuwun

Gambar dimbil dari sini

http://moeflich.files.wordpress.com/2008/01/mudik-euy.jpg






Sugeng Riyadi Mohon Maaf Lahir Batos

Inyong sakkeluargo hangucapaken Taqobbalallahu minnaa wa minkum, mohon maaf lahir batin..Selamat Idul Fitri 1429 H. Semoga Alloh Ta'ala terima semua amal kita, mengampuni kita dan menaikkan derajat kita disisiNya..amin yaa rabbal alamin..

sinyong (Si Inyong)

Nyok cari tempat duduk nyang mantabss...

Bagi rika yang seharian bisa ngenet sambil mlototin monitor dengan sesekali klepas-klepusin rokoknya or slupat sluput kopi di cangkirnya, ha mbokyao diluangkan waktunya untuk sama-sama duduk dalam majelis ilmu/dzikir..Kalo gak bisa seminggu sekali, ya kalo bisa tiap hari sekali..Kalo tetep gak bisa ngluangin waktunya, itu dah namanya kebangeten bin banget. Apalagi kalo udah gak bisa disertai banyak alasan-alasan, seperti kalo lama duduk di majelis ambaien bisa kumat, malah jadi ngantuk, mau mantau koment di blog, gak bisa ninggalin chatting sama akhwat, dsb..

Sesuatu hal yang menarik seperti internet bisa membikin orang seperti rika dan inyong cinta buta..Hawong banyak keuntungannya jee..Kita bisa dapat informasi yang selama ini kita tidak tahu, dapat temen banyak, dapat menghilangkan kejenuhan, bisa ketawa ketiwi ketika ngibulin cewek lewat chat, dsb.. Keuntungan-keuntungan tersebut yang membuat kita jadi semangat untuk berselancar di dunia maya..Rika dan inyong jadi kesengsem dibuatnya..Hawong tinggal klak klik enter informasi yang kita butuhkan tersedia..

Nah, kenafa ketika diminta duduk dalam majelis ilmu/dzikir tidak bisa minimal sama dengan ketika kita duduk di depan komputer/laptop kita..Ha kalo kita bisa duduk di depan komputer seharian ya mbok yao minimal setengah hari bisa duduk dalam majelis dzikir/ilmu..Kenafa kita tidak bersememgat duduk di majelis ilmu/dzikir sebagaimana rika dan inyong bersemangat ketika ngibulin lawan chat kita didunia maya atau ketika ngeblog seharian di depan layar monitor?? Mungkin saja, inyong dan rika kurang paham atau tidak tahu manfaat duduk di majelis ilmu/dzikir..Atau mungkin bagi yang dah tau keuntungan majelis dzikir/ilmu tersebut namun masih nglokro ongap angop koyo’ kebo ogah ogahan gitu, ha mungkin bisa aja lupa atau perlu diingatkan kembali supaya ingatannya kembali (biar tidak gila/waras kembali)..

Berikut beberapa keuntungan majelis ilmu/dzikir nyang inyong kumfulkan dari suatu kitab karangan imam nawawi rah...mari kita simak tulisan beliau rah tersebut:
‏‏
Beliau anjurkan supaya kita sering duduk dalam mejelis–majelis dzikir/ilmu, karena banyak manfaat didalamnya..Manfaat tersebut sebenarnya telah banyak ditunjukkan dalam hadits-hadits baginda rasulullah SAW:
1. Baginda rasulullah SAW sabdakan, "jika kalian melewati taman-taman syurga, maka mampirlah. Para sahabat rhum bertanya kepada baginda rasulullah SAW, Apakah taman-taman syurga itu yaa rasulullah?. Beliau, Baginda rasul sabdakan majelis dzikir/ilmu. Sesungguhnya Alloh SWT memiliki para malaikat yang bertugas untuk mencari majelis-majelis dzikir/ilmu , dan apabila para malaikat telah menemukan majelis-majelis tersebut, para malaikat akan mengrubunginya/mengelilinginya"

2. Suatu ketika baginda Rasulullah SAW pergi ke majelis dzikir/ilmu para sahabatnya, kemudian beliau bertanya kepada para sahabat: "Apa yang menyebabkan kalian duduk-duduk disini?? para sahabat rhum menjawab" Kami duduk disini untuk berdzikir kepada Alloh SWT dan MemujiNya yang telah memberikan kami hidayah islam dan nikmat-nikmat yang banyak kepada kami".Kemudian rasulullah SAW sabdakan " Demi Alloh, benarkah yang kalian kerjakan dimaksudkan hanya untuk yang demikian (berdzikir, memuji Alloh)??".Para sahabat menjawab, "Demi Alloh, tidaklah kami duduk kecuali yang demikian saja." kemudian baginda rasulullah saw bersabda, "Sungguh, aku tidak meminta sumpah kalian sebagai bentuk tuduhan atas kalian, tapi Jibril telah mendatangiku dan memberitahuku, bahwa Allah membanggakan kalian dihadapan majelis para malaikat".

3. Baginda Rasulullah SAW sabdakan, "tidaklah suatu kaum duduk, mereka berdzikir kepada Alloh SWT, melainkan malaikat akan menyelubungi/mengelilingi mereka, mereka akan dicucuri rahmat, dan akan diberikan kepada mereka sakinah (ketenangan hati), dan menyebut nama-nama mereka dihadapan orang-orang yang ada disisinya."

Mungkin itu sajah dahulu, sedikit nyang bisa inyong tulis disinih..Sebenarnya masih banyak banget keuntungannya, ha klo ditulis disini bisa habis tuh bandwitch blogger. Namun, yang sedikit ini inyong rasa sudah mencukupi sebagai pemompa semangat inyong dan rika, untuk sering dan berlama-lama duduk di majelis dzikir/ilmu..Sebagai kata akhir, inyong minta mangap.. eh salah angop ding..eh salah lagi, minta maaf bila ada kata-kata nyang tidak berkenan ataupun salah yang inyong sengaja (menghamili istri inyong), maupun inyong tidak sengaja..nyang benar harus dicari, nyang salah dimasukin bui..

peace ajalah..



Inih aslinyahh dari al adzkar imam nawawi rah:

اعلم أنه كما يُستحبُّ الذكر يُستحبُّ الجلوس في حِلَق أهله، وقد تظاهرت الأدلة على ذلك، وستردُ في مواضعها إن شاء اللّه تعالى، ويكفي في ذلك حديث ابن عمر رضي اللّه عنهما قال‏:‏
قال رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم‏:‏ ‏"‏إذا مَرَرْتُمْ بِرِياضِ الجَنَّةِ فارْتَعُوا‏.‏ قالُوا‏:‏ وَمَا رِياضُ الجَنَّةِ يا رَسُولَ اللّه‏؟‏‏!‏ قالَ‏:‏ حِلَقُ الذّكْرِ، فإنَّ للّه تعالى سَيَّارَاتٍ مِنَ المَلائِكَةِ يَطْلُبُونَ حِلَقَ الذّكْرِ، فإذَا أَتَوْا عَليْهِمْ حَفُّوا بِهِمْ‏"‏ ‏(6)
وروينا في صحيح مسلم (7)‏، عن معاوية رضي اللّه عنه أنه قال‏:‏ خرج رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم على حلقة من أصحابه فقال‏:‏ ‏"‏ما أجْلَسَكُم‏؟‏ قالوا‏:‏ جلسنا نذكُر اللّه تعالى ونحمَدُه على ما هدانا للإسلام ومنّ به علينا، قال‏:‏ آللّه ما أجْلَسَكُمْ إلا ذَاكَ‏؟‏ قالوا‏:‏ واللَّهِ، ما أجلسنا إلاّ ذاك، قال‏:‏ أما إني لَمْ أستحلِفكُمْ تُهمةً لكُمْ، ولَكنَّهُ أتاني جبْرِيلُ فأخْبَرَنِي أنَّ اللّه تعالى يُباهي بكُمُ المَلائكَةَ‏"‏‏.‏
وروينا في صحيح مسلم (8)‏ ومعنى ‏"‏غشيتهم الرحمة‏"‏‏:‏ أي غطّتهم من كل جهة‏:‏ و‏"‏السكينة‏"‏ هي المذكورة في قوله تعالى‏:‏ ‏{‏هو الذي أنزَلَ السكينةَ في قلوب المؤمنينَ ليزدَادُوا إيماناً‏}‏الفتح‏:‏4‏.‏‏)‏
أيضاً، عن أبي سعيد الخدري وأبي هريرة رضي اللّه عنهما‏:‏ أنهما شهدا على رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم أنه قال‏:‏
‏"‏لا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُون اللّه تَعالى إلا حَفَّتْهُمُ المَلائِكَةُ وَغَشِيَتهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَليهِمْ السَّكِينَةُ وَذَكَرََهُمُ اللَّهُ تَعالى فِيمَنْ عِنْدَهُ‏

Listrik Kok Suka Dugem ??

Beberapa hari yang lalu sampai sekarang ini, gak tau kenapah lampu-lampu di rumah suka "disco" gituh, byar pet, merem melek alias suka mati lampu. Katanya sich, Minggu-minggu belakangan ini memang pemasok listrik dinegara kita ini lagi bermasalah, mulai dari pemasok bahan bakar yang kurang, kelebihan beban dari pemakai, lagi perawatan, dsb..Inyong sebagai pemakai Listrik kelas rendahan ya cuman bisa berharap aja semua masalah tersebut bisa diselesaikan..

Bagi penghuni daerah seperti Jakarta, tangerang, bekasi siap-siap aja bermandikan keringat bila listrik masih suka dugem gituh, apalagi rika yang berbadan gajah atau kudanil, siap-siap saja menuhin bak mandinya dengan air. Nah, setiap mati lampu rika langsung menceburkan diri di bak air itu persis kayak kudanil gituh, supaya kagak kegerahan..Pemanasan global yang tidak lagi sekedar isu namun kenyataan telah membuat inyong bolak balik ke kamar mandi, mandi kramas..Mungkin bagi orang berduit, mati listrik tidak menjadi masalah, hawong genset sebagai cadangan mati lampu telah tersedia..jadi mau mati lampu apa kagak mati lampu kehidupan normal masih bisa berjalan seperti biasa.

Namun bagi yang berdaerah dingin, seperti puncak bogor, bandung dsb akibat listrik yang suka dugem tidak begitu berpengaruh bagi kehidupan "pergerahan" mereka. Kata orang sih, malah berkorelasi positif dengan meningkatnya pertumbuhan anak, he..hee..ha kok bisa lampu byar pet gitu malah berkorelasi positif sama pertumbuhan anak?? Bagi yang sudah berkeluarga, pertanyaan dan jawaban hal semacam ini dah biasa saja or sudah mahfum dikalangan mereka, namun bagi yang belum berkeluarga pertanyaan tsb malah bikin bingung bagi mereka..Kalo belum keluarga kok dah paham pertanyaan dan jawaban kayak gituh perlu diragukan kejokoannya.

Inyong ada beberapa tips apabila kejadian listrik dugem menimpa rika:
1. Sering memantau perkembangan berita, daerah-daerah mana sajah yang hari ini yang akan dijadikan korban lampu dugem..Atau iseng-iseng ajah nanya ke kantor polisi, nanyain ajah ada gak hari ini pencurian kabel listrik di daerah anda.. Ha kalo ada pencuri kabel listrik itu indikasi bahwa sebentar lagi mau byar pet listrik rika..Kalo ternyata setelah nelpon polisi gak ada pencurian kabel listrik, tapi masih saja byar pet listrik, rika husnudzon saja berarti pencurinya belum ketangkep..(Gak nyambung banget)

2. Sediakan genset (bagi yang punya duit)/teplok/tintir. Kalo gak punya genset, coba anda berburu kunang-kunang, dan tangkaplah yang banyak kemudian masukkan plastik putih supaya nanti bisa menjadi terang nantinya. Or kalo ada disekitar anda yang berkeinginan mau pergi ke bulan, coba anda titip ke dia kalo dia jadi pergi ke bulan, supaya nitip untuk diambilkan bintang satu saja supaya bisa menerangi kalo pas mati lampu..

3. Membuat Kipas angin buatan..Nah, bisa juga pas mati lampu rika gunakan kipas2 terbuat dari pohon bambu yang dianyam itu. Atau kalo kesusahan mendapatkan bambunya ya coba saja rika tiup secara bergantian kepada istri, anak atau saudara anda secara bergantian ke tubuh mereka, cuman diinget atur nafas supaya tidak kehabisan nafas..Atau kalo cara itu gak mempan, coba aja masuk ke freezer kulkas, meskipun mati lampu tapi masih ada unsur dingin-dinginnya dikit..cuman hal tersebut terlarang bagi yang berbadan gajah/kudanil (ha bisa jebol tuh kulkas)

4. Tetaplah ditempat jangan kemana-mana. Kalo rika tetap berkinginan untuk pergi kemana-mana ingetlah letak benda-benda yang berbahaya..Misal rika inget-inget meletakkan perangkap "jekrekan" tikus, kalo gak berhati-hati jari rika bisa putus terkenanya. Bagi yang sudah berkeluarga, suami istri disarankan untuk tetap ditempatnya (di kamar tidurnya..he..hee)..Bagi yang bujangan, silahkan gigit jari..he..hee

5. Selalu penuhi tempat penampungan air..Jadi kalo rika mau sholat rika sudah tersedia air untuk berwudhu. Atau kalo rika haus, tinggal ambil saja tuh air dari bak (cuman ditanggung sendiri kalo perut sakit), buat berendam/kungkum bagi yang berbadan seperti gajah/kudanil, atau buat bisa mandi kramas, junub.

6. Banyaklah berdoa supaya pemadaman listrik segera teratasi..

Itulah sedikit tips-tips dari inyong, apabila rika mendapati lampu di rumah rika suka dugem gituh..Tips-tips tersebut tidak seratus persen benar, namun semoga saja membantu rika apabila menghadapi itu semua..Apabila ada kesalahan inyong minta maaf yang sebesar-besarnya, tolong jangan tuntut inyong.. peace aja lah..



Web This Blog
My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Untuk order silahkan hubungi kami. I. Invite PIN 5FE26750 or sms/WhatsApp 081219677472 (fast respond) II. Invite PIN BB 59B2F86C or sms/whatsapp 081288548616

Sign In

Recent comments

  • Anonymous Anonymous | 11:13 AM
    hmm...

    ga tahu kenafa..
    inyong kok ga bergairah utk pemilu kali ini..kenafa ya?

    nyanglagibingungngeliatcalegdanfartai,

    abihasan
  • Blogger okebebeh | 2:07 PM
    to kang abihasan===> heloh kok malah tanya inyong kang..coba saja tanyakan ke rumput nyang agi goyang, siapa tahu punya jawabnya...
  • Anonymous susan | 3:18 PM
    nice blog, saLam kenal
  • Anonymous Lukman | 10:02 AM
    belih ngarti kang, kayane maksude kerana saking akehe partai apa ya ? Ngomonge apik2 tapi ujung2e kita dikongkon milih partai dheweke.
  • Anonymous Joko | 10:03 AM
    Saya pilih partai Besar dan Eceran aja pak Eko :D
  • Anonymous Dony Alfan | 3:32 PM
    Haha, iya, contreng saja semuanya! Biar adil dan merata.
    Btw, sepertinya dulu sekali saya pernah dolan ke blog ini. Semoga silaturahmi diantara kita kembali terjalin :D
  • Blogger okebebeh | 4:05 PM
    to kang lukman===>orang ngomong itu memang dimaksudkan untuk didengerin kok kang..btw bus way, emang ada nama "partai dheweke" kang??

    to kang joko tak kuku===>itu mah, partai raskin (beras orang miskin) kang..

    to kang dony alfan====>oh iya kali kang, kita sambung silarohimnya lagi ya kang yaa..
  • Anonymous A2D | 5:39 PM
    setuju sm dony alfan, tapi nyontrengnya dimodifikasi dikit. kayak nambahin kumis sama jenggot, wakakakak..
  • Blogger Sang Cerpenis bercerita | 6:06 PM
    wakkakk...lucu abis...pake lipstik pula. sexy bibirnya.
  • Anonymous Sastro Ghabrut | 7:56 PM
    Jere siki milih CALEG udu parte...
    Jere siki CALEG di centang udu dicoblos...

    Jere CALEG artine CAlone ngeLEG...,

    ngeleg inyong, ngeleg rika, ngeleg dewek kabeh...

    Mbesuk nek ana CALEG kepilih sing gunane ngeleg duwit rakyat, mayuh pada ditilem-tilemna nang PARTAI TELUK PENYU....

    oKE beBEH!!!
  • Blogger ' Li ' | 7:22 PM
    huehehehe inyong berkunjung membaca sambil tersenyum hihihi....
  • Anonymous restoran seafood | 1:57 PM
    wah say golput aja dah kagak ada yang bener sekarang
  • OpenID harapandiri | 12:56 AM
    Aku gak mudik pak, ga dapet VISA,maklum mudiknya ke amrik :))
  • Anonymous Anonymous | 3:53 AM
    Terima kasih untuk blog yang menarik
  • OpenID harapandiri | 9:33 AM
    Doain ya pak ustadz Eko , aku lagi lemah neh hiksssssssssss
  • Blogger okebebeh | 9:38 AM
    to harapan diri===> biasanya tuh kalo lagi lemah gini nih, indikasi mau tambah kuat kuadrat..
  • Anonymous Agus Taufiq Hidayat | 10:11 AM
    pak ustadz minta tips nya supaya tidak ngantuk waktu duduk di majelis dzikir/ilmu....
  • Blogger okebebeh | 1:27 PM
    to kang taufik hidayat (kaya' pemain bulu tangkis nasional ajah)=====>he..he..berarti sama dong kang ngantukan, berarti ada temennya nih..he.he..btw, klo ngantuk gitu resepnya wudhu aja kang..
  • Blogger Hasanah Translation Company | 10:17 AM
    mohon doanya pak okebebeh
  • Anonymous Anonymous | 10:43 AM
    Nah seng iki baru mantabs... mudah2an rika ngga bosen2 ke markas.. (jujur aja inyomh suka rada males ke markas n kholaqoh) padahal udah tau manfaatnya... InsyaAlloh kita selalu megingatkan.. Amin..


    Martik
  • Anonymous Anonymous | 10:44 AM
    eh salah... yang males itu inyong bukan rika.. mudah2an inyong ngga males2 nih ke markas n kholaqoh...

    Martik
  • Blogger okebebeh | 10:54 AM
    to hasanah tukang nerjemah===> sama-sama doa mas


    to kang martiks====> Halah, bilang aja mau ngajak dakuh kesana..gituh aja kok rengkot..
  • Anonymous Anonymous | 3:55 PM
    Yuk..Cari taman-taman syurga yg ada di dunia...
  • Blogger Andi Eko Nurhadiyanto | 10:04 AM
    Hadir kang .. Absen dulu di blog ini :D
  • Anonymous Supermance | 6:12 AM
    Salam kenal pak :) nice blog

    itu caranya supaya blog kita bisa di tulisin bahasa Arab gimana yah ?

    nuhun pisan :)
  • Blogger okebebeh | 8:08 AM
    to anonymous==>ayok, siapa kentut...eh salah, siapa takut mangsudnyah..


    to andi eko===>wealah, sunnahnya bukan absen disini kang...tapi di majelis ilmu or dzikir...


    to supercemen===>salam kenal jugah kang, suwun dah mampir yahh..
    coba disetting arabic dulu aja kang..Mbah goggle bisa bantuin caranya setting arabic kok, coba ketikkan "cara setting arabic" di mbah google, entar banyak nyang dah ngasih cara disana...
  • Blogger sayurs | 8:21 PM
    nah, model2 begituan yang membuka peluang bagi (maaf) para kapitalis untuk mengeruk untung dengan ngadain zikir online dengan dalih mendekatkan zikir pada org2 yang intensitas OL tinggi, padahal sih ? hmm...m..
  • OpenID harapandiri | 10:07 AM
    Kalau kitanya sendiri yang suka dugem gimana pak ;)
  • Blogger Hasanah Translation Company | 10:08 AM
    bukan dugem tapi dugel ( dunia gelap )
  • Blogger okebebeh | 10:19 AM
    to harapan diri===>berarti klop tuh..suka kesetrum berarti..


    to hasanah===> yang gelap gininih nyang biasanya cepet nambah anak..
  • OpenID andi | 10:30 AM
    Kang, Klo Doa nya jadi tips nomer satu gimana ? :D Klo berdoa bersama - sama untuk tujuan yang sama di saat yang sama ditujukan kepada Tuhan yang sama kemungkinan tembusnya jadi lebih besar ya :)
  • Anonymous Anonymous | 10:34 AM
    commentnya mana mas?? lah iki tak isi pak'e... sisi dakwahnya mana pak'e??


    martik
  • Blogger mubarak | 10:34 AM
    iya gimana tuh?
    Kan kebanyakan orang2 sih suka begituan...hehhehe
  • Anonymous Joko | 10:42 AM
    pura² ga paham ah......:p
  • Blogger okebebeh | 10:48 AM
    to mas andylubab===>nyang lebih mantabss lagi doa pas lagi berjuang dijalan Alloh mas, lebih cepet tembusnya..gak pakai tedeng aling-aling (nasykil\ngajak mode on)...


    to mas martik==> didalam pergantian siang dan malam selalu ada saja ada pelajaran buat kita kok mas..



    to mubarak==> Tuan guru mau melakukan begituan juga kagak??



    To mas joko takuku==>he.he..sampean bener2 isih joko porah toh mas, kok gak paham-paham
  • OpenID zidaburika | 10:49 AM
    Alhamdulillah,

    Jika lampu sering mati berarti rezeki tukang jual lampu teplok, lampu emergency dan penjual lilin lagi melimpah dan terasa adil jadinya ;)
  • Anonymous Anonymous | 10:50 AM
    listrik ?, itu mahluk.....
    baguslah, gak ada listrik jadi gak ada TV, gak ada berita yg bikin puyeng, gak ada disko buka, gak ada komputer nyala, gak ada bloger.
    YANG ADA ,,,, mas eko naek lagi semangatnya, hehehehehehe, ya toh ya toh ya toh,,, gitucu aja repot, sembeleh aja gusdur nya :D
    (hlqhpkyn)
  • Blogger okebebeh | 10:58 AM
    to mas zidabiruka/mas rozy===>alhamdulillah, semuanya dah diatur mas..



    to hlkh pkyn===>namanya jugah kewajiban/sunnah mas, jadi kita harus semangat menjalankannya..iya toch..iya toch..
  • Anonymous Jauhari | 11:21 AM
    Bener bener negeri Dongeng
  • Anonymous Agus Taufiq Hidayat | 11:31 AM
    Listrik bisa memberi manfaat dan madharat dengan ijin Allah... la wong jaman Rasulullah saja ga ada AC trus panas lebih dari Jakarta saat ini, bisa bilang baiti jannati.... :)

    peace... ;)
  • Blogger okebebeh | 1:08 PM
    to kang jauhari===>loh bukannya kehidupan dunia ini bener2 main-main and sendaugurau belaka toh kang..Mau yang bener kang? kuburan tuh bener tuh, masyar tuh bener, titian syirot tuh bener, syurga tuh bener, neraka tuh bener..


    to kang taufiq hidayat (kaya' pemain bulu tangkis nasional ajah)===>nyang jelas tujuan orang akherat adalah akherat, so, di dunia tidak berasa afa-afa buat mereka yang bertujuan akherat..
  • Anonymous Anonymous | 4:17 PM
    aih-aih... yang dilanda dunia gelap. kumaha wartosna? menawi kulo ingkang asli Kartosuro Solo malah arang2 oglangan niku... (kalo saya yang asli Kts-Solo justru jarang2 mati lampu tuh). Tau deh di kawasan kota Solo.

    semoga dugelnya tidak berlangsung lama. mungkin salah kite2 juge ya bang, yang amat kurang dakwahnye. sangat kurang amalnye, jadi ya gak ngaruh banget buat ngasi perubahan ke orang2 sekitar kite...

    nyok... kite bareng2 membangun umat!

    Sheillo Elaswady
  • Blogger okebebeh | 4:25 PM
    to kang sheilo===>nyok kemana bang?? main ondel-ondel apa??
  • Anonymous Anonymous | 4:34 PM
    namanya juga ngasal... tapi ngasalnya membangun pikir umat juga kan...?

    iye bang, membangun umat bikin ondel-ondel... yang bisa dandanin listrik biar gak dugel mulu. jadinya kite-kite nyang manusie pan gak perlu pake panjat pinang eh, tiang segala. cape deeh....

    Sheillo Elaswady
  • Blogger okebebeh | 4:38 PM
    to kang sheilo===>umat kok dibikin ondel-ondel, afe kate dunie entar?? tapi ngomong2 hubungan panjat pinang same listrik apaan ya bang yaa??
  • Anonymous Anonymous | 4:44 PM
    hubungan (poon) pinang ame (tiang) listrik ialah, sama2 musti dipanjat. apa lagi kalo licin dan hujan deras. siap-siap aje bang kesamber petir.

    tuh kan... makin ngasalllll.. :p

    S E
  • Blogger okebebeh | 4:49 PM
    to kang sheilo==> tapi bang, katanye nih,,tuh pohon pinang dah angus kesetrum listrik tuh..so, dah kagak bisa dipanjat lagi..ngikut asal jugahh..
  • Anonymous Alex | 9:28 AM
    Ass.

    bola lampu dirumah inyong sering mati juga tuh om ?? tanggung jawab dong.....hehe

    piye kabare mas ??
    kemana aja ?? udah lama tak update2 blog...
    sehat2 kan ???
  • Blogger okebebeh | 10:16 AM
    to kang alex===>hawong sampean itu bola lampu kok dicat item gitu, ya jelas kagak bisa terang, gelap mlulu..

    Kabarnye adem ayem sajah kok bang, iya dah lama nih gak update, maklum lah bang, inyong kan kuli serabutan..makasih dah mampir
  • Blogger oping | 10:44 AM
    wuahuahuahua... inget temen pernah ngomong gini pas lampu nya udah nyala: "sial ga jadi deh 'itu' nya" (itu = tebak sndiri deh huahuahua)
  • Blogger okebebeh | 1:15 PM
    to mbakyu Oping===>Emang sampean ngerti nyang dimaksud??? he..he..padahal kan lom berkeluarga kan??? berarti..he..he..
  • Anonymous deenda | 2:51 PM
    kena listrik dugem juga yakk sama dunk wkwkw
  • Anonymous lady | 4:15 PM
    nambah tips pak, selalu sediakan obat nyamuk bakar, sebab obat nyamuk elektrik kan otomatis ga berfungsi. ato bisa juga lotion anti nyamuk :)
  • Blogger okebebeh | 4:28 PM
    to mbakyu denda====>Pas listrik dugem ngapain mbakyu?? he..he..masuk ke freezer kulkas enggak??


    to mbakyu lady===>Kalo pas lagi listrik dugem kan gelap-gelapan mbakyu..emang si nyamuk nakal masih bisa ngelihat kitah jugah???
  • Blogger RoSa | 8:51 AM
    alhamdulillah, so far belum pernah kena listrik yang dugem :D...salam kenal, Mas
  • Blogger okebebeh | 10:22 AM
    to mbakyu drosalina====>kalo inyong sih alhamdulillah, so far so good ajah..(loh gak nyambung)
  • Anonymous sluman slumun slamet | 1:00 AM
    baru aja malang listrik padam
    HUH
  • Blogger okebebeh | 7:43 AM
    to kang sluman slumun (kyai) slamet===>btw kang, sampean pas kena listrik dugem gituh pakai tips nyang manah? nyang tetep di tempatnya (tempat tidur) afa nyang gigit jari..



XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health