P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Suatu hari di pasar tradisonal

Seperti biasa, pagi hari itu langit menunjukkan kegelapannya, mendung pekat siap-siap menumpahkan air berkubik-kubik banyaknya. Jalanan beraspal yang tinggal menyisakan batu serta tanahnya dan telah lenyap aspalnya, nampak dilewati ibuk-ibuk dan bapak-bapak yang keluar dari pasar tradisonal tersebut sambil bawa barang bawaan mereka seperti sayur mayur maupun barang-barang keperluan sehari-hari..Seperti biasa, berangkat ke pasar dengan dandanan yang mantabss bin hebring, pulang ke rumah membawa bau kecut keringat dan sandal penuh lumpur..

Seperti biasanya, inyong bila ada waktu luang mengantar sinyonyah pergi belanja ke pasar tradisonal ini..Setelah menunggu beberapa lama, keluarlah sinyonyah dengan barang bawaannya. Di jalan, sinyonyah mulai ngomat ngamitin mulutnya tanda ngajak ngobrol sama inyong...
Sinyonyah: Pakne, tau gak apa yang diomongin sama para pembeli dan penjual di pasar tadi..
Inyong: Enggak...mana inyong tau, inyong kan dari tadi diatas motor butut ini...
Sinyonyah: Begini pakne, tadi para penjual dan pembeli di pasar pada menjerit lohh..
Inyong: emang ada pembunuhan yaa??
Sinyonyah: Bukan pembunuhan pakne, cuman tadi para pembeli dan penjual pada teriak-teriak..
Inyong: heloh, gimana toh nyah..tadi katanya pada menjerit, sekarang malah pada berteriak-teriak, yang bener yang mana nih??
Sinyonyah: sama aja pakne, intinya mereka mengeluh harga-harga barang kebutuhan pokok pada melangit semua..so, mereka pada menjerit dan berteriak-teriak..
Inyong: Loh, emang sekarang yang kelangit itu tidak hanya satelit apollo toh..harga bisa juga melangit tohh..
Sinyonyah: ya iyalah, pakne sih taunya makan doang giliran harga-harga kebutuhan pokok pada melambung gini kagak ngerti...
Inyong= Loh, yang bener yang mana nih..Katanya harganya melangit kok sekarang melambung??
Sinyonyah: sama aja pakne, intinya harga mencekik leher kita-kita...
Inyong: Nyah-nyah, rika gimana sih, tadi melangit dan melambung..sekarang kok malah mencekik leher..Kepriben rika sihh??
Sinyonyah= Ya iyalah, harga kebutuhan pokok naiknya gak baen-baen nihh...drastis banget..
inyong= Inyong kok tambah bingung sih nyah, tadi harga naik kelangit, kemudian melambung-lambung, kemudian ditambah lagi mencekik leher, ehh sekarang malah harganya gak baen-baen...
Sinyonyah= Pakne-pakne..emang rika pelajaran bahasa indonesianya dulu gak lulus toh pakne??
inyong= Loh apa hubungannya harga kebutuhan pokok ama pelajaran bahasa indonesia nyah??
Sinyonyah: ya jelas ada, katanya hubungan mereka baik-baik saja loh pakne...
inyong= heloh, kok bisa harga kebutuhan pokok sama pelajaran bahasa indonesia hubungan mereka baik-baik saja..
Sinyonyah= Ya iyalah, hawong guru bahasa indonesianya dulu merangkap penjual sayuran dipasar tradisional kok...
Inyong= Oh mangkanya, dulu setiap tes bahasa indonesia, gak jauh-jauh dari pertanyaan berapa harga beras hari ini dipasar tradisional dan sebutkan di toko mana beras paling murah dijual??
Sinyonyah: nah, itu jawaban yang tau ibuk-ibuk pasar tuh..tapi ngomong-ngomong kok ada pertanyaan juga sebutkan di toko mana beras paling murah dijual?? emang pakne jawab apa pakne??
Inyong: Toko Beras Nyang Tau Ajah
Sinyonyah= heloh, kok dijawab itu pakne..
Inyong= Ya iya lah, kan toko beras pak guru bahasa indonesia itu namanya Toko Beras Nyang Tau Ajah

Itulah sekelumit bual-bual antara sinyonyah dan siinyong, dengan ditambahi bumbu-bumbu hora genah babar belas. Kedua-duanya sama-sama jaka sembung lagi mabok alias kagak nyambok bok..Bagi rika yang baca ini, jangan sekali-kali meniru adegan tersebut tanpa didampingi oleh orang yang waras...

Yang jadi fikiran inyong sampai saat ini adalah, negara kita ini adalah negara gemah ripah loh jinawi..mau nyari kebutuhan apa aja disini ada semua..Mau nyari akar yang dimakan alias singkong ada disini..mau nyari buah yang disukain si moenyok alias buah pisang ada di negara ini..mau nyari makanan yang disukai singa dan macan ada juga disini (rusa). Mau nyari bahan minyak goreng alias kelapa sawit di negara ini ada juga malah negara ini paling kaya loh masalah kelapa sawit dibanding negara2 lainnya.. Mau nyari bahan-bahan BBM (bensin, fertamax, minyak tanah), semuanya ada juga, bahkan lebih banyak dibanding negara-negara lainnya..Mau nyari bahan baku buat gas, dinegara inilah syurga gas itu...

Semuanya ada sumbernya, semua tersedia di alam gemah ripah loh jinawi ini...Namun, kenapa semua ada sumbernya namun malah harga-harganya pada mencekik leher..Inyong gak tau kenapa alias tanyaken kenafa...Apakah ini yang dinamakan dicabutnya keberkahan dari atas langit dan dari bawah bumi..Apabila benar keberkahan telah tercabut, lalu apa hubungannya dengan pak syukur dan bu syukur...mungkin itu nanti di post selanjutnya, tunggu tanggal mainnnya aja..


23 Responses to “Suatu hari di pasar tradisonal”

  1. # OpenID harapandiri

    Waduh ya udah komennya tar aja di lanjut kalau dah selesai makan juga he..he..he..  

  2. # Blogger okebebeh

    to harapan diri===>jaka sembung lagi mabok, alias kagak nyambung bokk..he..he..mana tulisan saya yang nyebutin "lanjutin lagi klo dah makan"?? he..hee  

  3. # OpenID nexlaip

    pak eko disebelah mana lapaknya?  

  4. # Blogger okebebeh

    to nexlaip===>dipinggir sendiri pojok paling kanan dari depan..Nah, disitu tuh menjual alat-alat penambah ganteng..mas nexlaip mau nyobah penambah gantengnya?? Kalo mau tinggal hubungi inyong ajah..inget loh, ini baru perdana loh..perdana buat kelinci percobaan..he..hee  

  5. # Anonymous Fakhrurrozy

    Memang Mas Eko,

    Segala kekayaan yg kita punya sebanyak apapun tidak akan berarti apa-apa tanpa keberkahan dari Allah SWT...

    Apalah artinya banyak jika membuat hati menjadi was-was dan pikiran kusut? Lebih-lebih tanpa disadari harta yg ada malah memperbudak diri kita...

    Postingannya lucu namun mencerahkan..

    Makasih yak!  

  6. # Blogger okebebeh

    to mas fahrurozzy===>setubuh..eh salah, setujuhh...(sambil angkat tangan dan kaki inyong)  

  7. # Blogger Bintang

    hmmmmmmmm...no comment ahhh..mo buru2 pergiii..hehehehe  

  8. # Blogger okebebeh

    to bintang====> Eit tunggu dulu mbakyu, jangan asal main nylonong aja..Sayurannya belum dibayar nih..(sambil bawa parang)  

  9. # Blogger rizky

    bisa beli sayuran disinikah...!  

  10. # Blogger okebebeh

    to mas rizki====>bisa kok kang, sayuran terbuat dari batu..mau beli berapa??  

  11. # Anonymous theloebizz

    laaaah itu dia yg bikin sedih...
    mo tanya ke siapa yg tau jawabnya yah????
    misteri..hiiiii....  

  12. # Blogger okebebeh

    to theloebizz===>tenang aja mbakyu, nanti akan dipost diartikel selanjutnya (insyaAlloh), yang jelas ini kagak ada hubungannya ama pocong, wewe gombel ama simanis jembatan ancol..so, kagak usah takut..  

  13. # Anonymous olangbiaca

    Asklm...

    lha...inyong kan pejabat...kok malah mengeluh,....hajar aja tuh anak buahnya yg bandel-bandel.....

    mas inyong aku mau lah ngomong ama pejabat seperti inyong rendah ati..mau kepasar apa si nyonyah...tapi bingung ym berapa ya nyong?  

  14. # Blogger okebebeh

    to olang biaca===>bisa kok ngomong sama "pejabat blog" nyang punyah www.okebebeh.blogspot.com. Tinggal ketikkan aja koment rika di setiap artikel2 inyong...ditanggung dibales ama inyong...  

  15. # Anonymous Sastro

    Sepindah, matur sembah tengkyu ampirane nggih kang. Kaping kalih, nyuwun agunging samudra pangaksorry, soale lagi dipontang-panting kayak nyonyaeh jadi lama ndak nengul. Sukses Kang!!  

  16. # Anonymous sluman slumun slamet

    saya gak pernah ke pasar tradisional tuh
    :d
    --macak sugih--  

  17. # Blogger uLie

    pasar tradisional yang kebayang becek nya itu loh ^__^  

  18. # Blogger okebebeh

    to kang sastro===>ampun kesupen ngupdate blogkipun gih kang...ngatos-ngatos anggenipun mlampah-mlampah...sukses juga kang..

    to kang sluman-slumun (kyai) slamet===>sesama pengguna pasar tradisional dilarang saling meledekk...

    to neng ulie yang guelis===>beceeekk, naik ojeeekk, akhirnya keplesetttt..  

  19. # Blogger arif rahmawan

    di pasar tradisional, terjadi transaksi luar biasa, dengan uang 500 rupiah kita bisa beli apa saja, brambang, bawang, lombok, dll.  

  20. # Blogger okebebeh

    to bang arif rahmawan====>he..hee..uang gopek klo jumlahnya jutaan juga mantabss seklai loh bang..BTW and bus way sampean bisa juga kok beli kwaci dengan uang gopek di mal-mal yang terdapat di tempat anda..  

  21. # Blogger antown

    inyong pingin belajar bahasa lokal nih  

  22. # Blogger mubarak

    wah percakapan yg lucu dan sedikit Aneh...hhehehheh

    Mantap benar tulisan2nya...tp Tuan Guru belum baca semua artikel....

    Jazakumullah khairan jaza'  

  23. # Blogger Tigger

    abis liat berita hari ini.
    katanya, sejak bbm naik, jumlah orang sakit jiwa meningkat drastis.

    baru liat bukti nyatanya.

    ^_^  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health