P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Suatu hari di Bonbin...

Wah, dah lama gak menjenguk sedulur lama di bonbin jadi ngangenin nih...jadi inget bagaimana ngasih kacang kulit ke hewan yang satu ini..Langsung diembat tuh kacang kulit pemberian inyong, dikupas tuh kacang, langsung tuh gigi putih merekah kelihatan tongosnya, sambil tak lupa komat kamitin gigi tongosnya untuk ngunyah tuh kacang kulit...Belum habis kacang dimulutnya, eh tangan si moenyok dah nyodorin lagi minta bagian lagi ke inyong...Wah, kayak sedulur deket aja gumam inyong...Pemandangan hal semacam ini sudah hal biasa bagi pengunjung bonbin, ngasih makan ke hewan bonbin menjadi acara favorit bagi para pengunjung, karena pengunjung bisa mendekat dan melihat dari sisi paling dekat ke hewan tersebut. Disisi lain hewan bonbin sangat bersemangat untuk menerima pemberian dari para pengunjung yang datang kepadanya..Hawong gak usah susah susah makanan dah dateng dengan sendirinya..bahkan klo hari itu lagi mujur, bisa saja si moenyoek dapet eskrim dari pengunjung, bahkan bisa juga pizza..wah, mantabsssppp sekalai si moenyok makan eskrim dan pizza..

Rika jangan puas sampai disitu aja klo mau ngasih makan ke hewan, jangan hanya simoenyoek yang dikasih makan gara-gara rika mikirnya rika mirip ama dia. Si big brother alias hewan berbelalai bin gajah bisa juga rika manfaatkan untuk acara makan-makan bersama rika dengan mendekatinya dan kasih bawaan makanan yang inyong bawa..Bila rika ada sedikit keberanian, rika bisa juga masuk ke kandang si macan ngasih makanan yang rika bawa, cuman inget ya, yang masuk yang berbodi kerempeng-kerengpeng aja, ha klo rika gemuk gemesin dengan penuh lemak gitu berani masuk ke kandang si macan or singa maka siap-siap aja dijilatin dengan penuh nafsu oleh si macan itu..Namun, rata-rata hewan dibonbin sudah jinak semua, ha gimana gak pada jinak..eskrim, pizza, sambel trasi, buah-buahan fresh dengan sangat mudah dan gampangnya mereka dapatkan dari para pengunjung..Inyong jadi inget pepatah, Witing tresno jalaran soko kulino (cinta itu bisa datang gara-gara sering ketemuan)..Ha si panjul yang kudisen wal umbelen bin ongap-angop plus ngecas-ngeces aja bisa dapetin si bunga wal kembang desa gara-gara sibunga sering minta di panjul diantar bolak-balik ke kantor si bunga tiap hari..

Itulah kenapa hewan-hewan dibonbin yang dulu waktu masih dialam bebas alias hutan liwang-liwang sonoh masih ganas trengginas, tiba-tiba bisa jinak manut sama para pengunjung. Gara-gara si pengunjung dan petugas bonbin pada baik hati sering ngasih makan dia..Ha klo keterusan gitu, bisa saja para moenyok wal si macan di bonbin sonoh pada lupa gimana cara mencari makan yang bener versi hutan sonoh (tempat aslinya)..Ha bisa dibuktikan, coba aja macan dibonbin yang jinak gara-gara sering dikasih makan ama pengunjung sama petugas bonbin tiba-tiba dilepaskan ke hutan liwang-liwung sonoh..Karena tiap hari dikasih nasi sama sambel trasi plus eskrim eh tiba-tiba dilepas dan disuruh sendirian nyari makanan dihutan sonoh..ya macan yang tiap hari dah dicekokin nasi, eskrim sama sambel trasi sama pengunjung akhirnya berusaha nyari nasi wal eskrim plus sambel trasi dihutan sonoh sendirian..Ha sampai seluruh hutan dijelajahi ha kok isinya gak ada sama-sekali nasi, eskrim sama sambel trasinya..Padahal ketika simacan nyari nasi wal sambeltrasi plus eskrimnya sempat juga dia nemuin hewan lain seperti rusa, kijang dan babi namun tidak ada saat itu naluri untuk memakan mereka, yang ada diotaknya adalah bagaimana mendapatkan nasi uduk wal kebuli dikasih sambel trasi sama eskrim seperti sebagaimana tiap harinya dia dikasih nasi sambel trasi dan eskrim oleh para pengunjug bonbin. Meskipun naluri keganasan dari simacan masih ada, namun perlu waktu untuk menumbuhkan kembali sifat keganasannya dihutan liwang liwang sonoh dan melupakan makanan pemberian dari para pengunjung dibonbin sonoh..

Ha gimana kejadiannya, kalo kejadian seperti itu tidak hanya menimpa hewan dibonbin sonoh. Ha gimana jadinya bila ratusan juta orang diberikan kemudahan pemberian barang/makanan bertahun-tahun?? Yang terjadi adalah saking seringnya diberi barang/makanan, jadi lupa aslinya..ha gimana klo bertahun-tahun bahkan puluhan tahun diberikan keenakan fasilitas subsidi pangan, pupuk, BBM, penerangan, apakah nanti suatu hari mereka bisa menghadapi keadaan aslinya ketika mereka diminta mencari sendiri kebutuhan itu alias dicabut semua fasilitas kemudahan yang diberikan oleh yang mbaurekso negeri?? Kembali lagi ke simacan dan simoenyok, Boleh-boleh saja memberikan fasilitas kemudahan kepada simacan dan simoenyok dibonbin sonoh, namun alangkah baiknya diberikan pelajaran yang berharga/dilatih terlebih dahulu agar tidak terkaget-kaget sampai kencing dicelana ketika fasilitas/kemudahan simacan dan simoenyok dicabut..

Namun, tiba-tiba..Duer (terdengar suara tangan menggedor meja), Hayoh konoh, kerjaan kok nglamun aja toh pakne-pakne..Siapa sih yang rika lamunin toh pakne-pakne, apa mbok rondo kinclong sebelah itu toh pakne yang rika lamunin..Kurang apa sich inyong, Apa inyong yang kinyis-kinyis ini masih kurang toh pakne-pakne..

Inyong...??????

15 Responses to “Suatu hari di Bonbin...”

  1. # Blogger Hasanah Translation Company

    ane perasaan pertama mulu deh hehehe  

  2. # Blogger okebebeh

    to hasanah translation company===> perasaan hasanah translation company paling akhir mlulu kalo koment..rika ngimpi atau lagi nglamun kali om...  

  3. # Anonymous Jauhari

    aku bingung arep komentar opo tapi yo sip lah ;)  

  4. # Blogger okebebeh

    to kang jauh banget/ari===>sampean iki piye toh kang2x...ha 'genah koment ngono kok malah harene bingung arepan koment...  

  5. # Anonymous Anonymous

    Afwan mas...

    Saya idem dgn yg pada komen di atas. *bingung*


    Rozy  

  6. # Blogger okebebeh

    to kang rozy==>wealah, kok pada bingung semua sich..inyong jadi binung mau jawab apa nih..he..hee  

  7. # Blogger biaca

    Aslkm..jalan2 ke bonbin ya mas ?

    pasti banyak teman2 disana...hehe

    lha hewan juga teman kita kan mas? yg patut kita sayangi..hehhe

    I am, hehheeeee  

  8. # Blogger biaca

    I am coming..hehheee  

  9. # OpenID harapandiri

    Assalamualaikum Pak ustadz Oke, aduh dah beberapa hari mau coba komen gak bisa-bisa, aku dah lama gak ke bonbin terakhir waktu masih kecil, jadi kanget neh apalagi melihat Pak Eko di sana he..he..he..  

  10. # Blogger okebebeh

    to biaca===>you are coming but i dont have any money for you..nuwun sewu ofo nuwun sepuluh ewu??

    to harapan diri===>saya dibonbin ya jagain elo supaya kagak kabur dari krangkengnya..  

  11. # Anonymous sluman slumun slamet

    kita rakyat indonesia sudah lama dimanja oleh subsidi hasil utang luar egeri oleh paman gober, so sekarang kelimpungan...  

  12. # Anonymous NIP

    Yo paling gampang ngasih kacang ke Moenyoek itu Dhe, daripada nglatih si Moenyoek supaya bisa mandiri, belon lagi mikirin strategi2 soepaya si moenyoek bisa mandiri.

    Lengo Mahal, kasih aja mekanisme subsidi . . . gampang toh

    He he . . Dhe, sesuai dengan PHPB (Perintah Harian PakDhe Bolang), aku sudah nyoba nulis lagi . . .  

  13. # Blogger okebebeh

    to sluman slumun slamet====>iya kang, kita dari dulu enak2 menikmati utang, lupa kalo utang itu harus dibayar..sekarang baru tau rasanya ngutang yang sesungguhnya...

    to pakdhe nip===>sekali-kali dilatih tangan diatas daripada tangan dibawah mlulu kang  

  14. # Anonymous theloebizz

    weiiittzz....sy jd kangen nih pengen ketemu ma sedulur2nya yg lain..baiklaah ku kan segera kesana!! hehehehe ;)  

  15. # Blogger okebebeh

    to theloebizz===> sedulur yang mana nih?? yang dibonbin yaa??  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health