P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Dilarang Ngathur di Sembarang Tempat

Sudah selayaknya kalo manusia itu memiliki kemuliaan dibanding makhluk hidup lainnya..Kalo cuman ngandalin gothotnya badan yang kuat wal balung besi maka jelas besi lebih kuat dari badan manusia..Mau ngandalin cakepnya wajah, jelas moenyoek lebih cakep lagi kalo dioperasi plastik..Kalo cuman mau ngandalin kekayaaannya, seharusnya benda emas lebih kaya daripada manusia ini..Kalo cuman sekedar berbangga-bangga dengan memori otaknya yang bisa ngapal setiap pelajarannya, maka seharusnya memory komputer yang bisa bergiga-giga byte itu lebih mantabss lagi memorinya..Makhluk lain makan maka manusia yang mulia ini juga makan, makhluk lain tidur maka manusia yang mulia ini juga tidur, Makhluk lain buang air kecil/besar maka manusia ini juga buang air kecil/besar..Loh berarti gak ada bedanya dong???

Jelas gelo-gelo ketok moto ada bedanya, Hayo klo tujuan manusia sama kayak sapi yaitu makan, minum, tidur, kawin, dan beranak aja ya berarti gak ada bedanya dengan sapi..Coba perhatikan perbedannya dimana??? ada yang nemu?? Yang bisa menemukan dan mengamalkannya maka baru deh disebut sangat mantabss sekali...

Loh kok malah ngelantur cerita sapi..he..he..Sebenarnya inyong ingin bercerita tentang banyak diantara manusia ini yang tidak memperhatikan masalah perngathur-an (perkencingan). Sapi kencing, Kebo kencing, moenyoek di bonbin juga kencing..Islam sudah sempurna, semua perbuatan hidup manusia sudah diatur didalamnya..Bahkan masalah perngathuran ini saja diatur dengan rinci sekali,Orang yahudi dan nashroni kencing juga..Baginda rasullullah SAW sendiri menekankan masalah perkencingan ini..bahkan ketika beliau meliwati 2 kuburan, dan salah satu yang dikubur tersebut diadzab karena masalah sepele saja yaitu masalah kencing..Padahal kan sepele sekali masalahnya yaitu kencing, namun kenapa ada yang diadzab karena tidak berhati-hati dalam masalah kencing ini..weladhalah, padahal kita ini bolak-balik ke WC/jamban/Kakus or kali dikampung pelosok dinamakan kakus berjalan ini (kali/sungai) ini berapa kali???

Inyong sendiri sering melihat anak-anak kecil malah main-mainin perngatur-an ini, mlotrokin celana sambil masih riyap riyip matanya karena habis bangun tidur kemudian mengarahkan air seninya kenanan, kekiri, mutar-mutar gak tentu arahnya dengan berseloroh mau nyiramin kembang or bunga depan rumanya supaya tanamannya jadi subur. Kan air seni itu pupuk!! weladhalah, apa orang tuanya gak pernah ngasih tau nih anak..Habis itu gak dibersihin pakai air lagi malah langsung naikin kembali celananya...Ada lagi anak-anak kecil dengan ngajak temen-temen lainnya untuk dipakai buat mainan jauh-jauhan air seni yang dingathurkan ini ..Sambil menggunakan teori fisika dengan memakai kelengkungan berapa derajat dalam mengathurkan air seninya ini supaya dapat lompatan yang jauh..wealah ada-ada saja..

Or kalo orang yang dah agak gede dikit plus bangkotan, ngaturin air seninya sambil singsat singsut dijalanan sambil nyenderin tubuhnya diangkot biar gak kelihatan orang banyak.Wealah ada-ada saja, padahal keadaan jalanan lagi macet.. Hayo genah gelo2 ketok moto ngathurnya..Yang lebih parah lagi adalah orang yang biasanya gak pernah pergi ke masjid untuk menyujudkan kepalanya ehh tiba-tiba pergi ke masjid..Setelah ditanya, ente gak biasanya pergi ke masjid apa dah tobat nih?? tobat gimana, ini mau mampir ngathur nih di masjid, dah kebelet tadi dijalan..Hayo kurang ajar ini...

Itulah kenapa bab-bap persuci-an ini menjadi pokok bahasan paling utama dalam masalah-masalah fikih. Amal pertama kali setiap muslim yang akan ditanya di akherat nanti adalah masalah sholat, Ha klo sholatnya mantabs plus okeihbeibeih maka baguslah semua amal-amal yang lainnya..Ha gimana sholatnya mau diterima kalo ngaturnya aja disembarang tempat sambil singsat-singsut sambil ngaturin ke kanan kekiri gitu, padahal salah satu syarat sahnya sholat itu adalah suci....wealah..

Mau tahu gimana adab bersuci yang benar??? Silahkan pergi ke guru-guru terdekat di daerah anda..Dan mintalah ke beliau-beliau supaya diajarkan ke rika..Hawong kadang aja kita bisa berlama-lama di internet ini apalagi kalo cuman sekedar berkunjung ke rumah ustadz dan menanyakan masalah ini.. Ayo kita niatkan belajar..

foto diambil dari web ini

http://www1.istockphoto.com/file_thumbview_approve/2575753/2/istockphoto_2575753_3d_boy_pee.jpg




16 Responses to “Dilarang Ngathur di Sembarang Tempat”

  1. # Blogger iman

    mo koment apa ya? jadi bingung , hehehe  

  2. # Blogger okebebeh

    to iman===>inyong sendiri juga bingung mau jawab apa...he..he juga  

  3. # Blogger biaca

    Asl...yup setuju ama mas Okebebeh...(maaf mas sy bilang ginian abis nggak tau namanya) ato inyong ajah.....ehe.

    *bu atikah sopo mas ?  

  4. # Blogger okebebeh

    to biaca===> asl ini apa sih mbakyu/pakde?? apa kayak dichat itu tapi kok kurang kata "please"..asl please!!oh bukan bu atikah toh...  

  5. # Anonymous lady

    saya punya pengalaman menjijikkan, ketika mau oper bis menuju solo, tau2 saya menyaksikan bis berhenti di tengah jalan, sopirnya turun kemudian dia buang hajat di ban dengan berlindung di balik pintu sopir. abis itu dia naik dan duduk di kursi sopir trus berangkat lagi.

    jalanan yang panas dibasahi air kencing dan beraroma pesing.

    tunggu aja azabnya kl dia tidak segera tobat.  

  6. # Anonymous Anonymous

    Bukan cuma masalah bersuci sehabis buang air kecil saja yg mesti jadi perhatian, namun yg tak kala penting juga adalah masalah membersihkan dan menyucikan "hati" kita yg gampang kotor dan sering dihinggapi debu-debu dengki, iri hati, kebencian, amarah dan mudah tersinggung jika ketemu hal yg tidak enak...

    Tulisannya mengingatkan banyak hal...

    Wassalam
    Fakhru di Sebuah Perenungan  

  7. # Anonymous landy

    Makanya pak eko aku bawa underwear sampe 5 setiap harinya , untuk jaga2 he..he..he..  

  8. # Blogger okebebeh

    to jeng lady===>walah..ampun galak2 jeng..dongakke mawon supados saget tambah sae..

    to mas fakhruzi===>betul mas, yang batin perlu diperbaiki terus dan juga yang dhohirnya..

    to mas landy===>loh berarti tiap pakai underwear double 5 gitu tohh..he..hee  

  9. # Anonymous joko

    beberapa hari yg lalu sy juga baru aja liat kelakuan macam gini, di pinggir jalan lagi. lha wong saya pipis di tmpt yang tidak tertutup malu banget, yang cuma berdiri itu looh pak  

  10. # Anonymous Abror

    adab2 utk bersuci memang hrs diperhatiken...kalau utk buang air kecilnya gak nyunnah bisa berabe, trus kalau buag air kecilnya b'diri itu gmn ya, apa ndak keciprat ke celana toh ????, usul mas inyong, tolong dong adab2 untuk buang air kecilnya ditulisken....hehehe  

  11. # Anonymous NIP

    Assalamu'alaikum Dhe,
    Kemarin aku dah mampir ngintip kesini.
    Memang dah lama bertapa nya Dhe, rasane isih kurang suwe.

    Aku lagi blangkemen nih Dhe..
    Salam ya  

  12. # Blogger okebebeh

    to kang joko tak kuku===>kang sampean ngathornya di tempat tertutupnya dimana?? apa disemak-semak..awas loh digit uler entar entunya..


    to mr abror===>wah, sebenarnya sih bisa aja mr, cuman afdholnya meluangkan waktu dikit ke ulama/ustadz supaya ada keberkahan dalam tholabul ilmi..ituloh mr, kayak nabi musa as mau nyari ilmu trus ngluangin waktunya datang ke nabi khidir as itu loh...

    to pakdhe NIP===>wealah pakdhe, ha klo bertapa sampai berapa bulan pakdhe?? asal jangan lupa makan sama minum ya pakdhe ya biar gak lumuten..  

  13. # Blogger T O N I C K

    Bocah cilik wae ngerti ...Jangan Pipis Sembarangan....lha kok sing wis Tuwek kok lupa segalanay  

  14. # Anonymous sluman slumun slamet

    bahkan ada yang lebih parah, bukan hanya masalah ngetur yang sembarangan...
    kini masalah ngecrut atau ngecrot juga bisa sembarangan.... dimana2 ngecrut...
    ah....  

  15. # Blogger okebebeh

    to kang tonick===>yang inget punya tugas ngingetin kang..


    to kang sluman slumun slamet====> emang sampean wis iso ngetokke pirang critan kang di blog sampeann..  

  16. # Blogger Hasanah Translation Company

    posting tentang kargozari dong  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health