P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Bijakasana is wise



Kejadiannya ketika waktu inyong masih duduk di bangku es em aa, ada tetangga inyong sakit and akhirnya masuk rumah sakit. Sebagai sedulur keturunan adam dan hawa, sudah sepantasnyalah inyong jenguk si sakit..Inyong bersama temen inyong di kampung langsung meluncur ke rumah sakit yang dituju...Tanpa ba bi bu lagi inyong langsung nyari kamar si sakit yang sebelumnya emang dah diinformasikan ke kami ketika kami mau berangkat ke situ..Sampai di dalam kamar, tampak si sakit lagi meringis kesakitan menahan sakitnya, lemah lunglai..
Inyong dan temen hanya bisa berdoa dan menghibur dia semoga lekas sembuh saja,berkumpul lagi, bisa ke masjid lagi, bisa sholat jamaah bareng lagi...Akhirnya, kami ngobrol santai aja, suapaya dia terhibur..Dia menanyakan keadaan sekolah inyong, karena kebetulan waktu itu inyong nginjak kelas 3 es em aa, yang memang sebentar lagi mau lulusan dan nyari tempat perkuliahan..
Mr x= Gimana sekolahmu, tong??
inyong= Baik-baik saja pak...
Mr x= Sebentar lagi mau lulusan kan, dan mau kuliahan??
Inyong= iya pak, minta doanya...
Mr x=Gue prediksi loe kagak berhasil deh tong??
Inyong=Weladhalah...
(pembicaraan sampai disitu saja, inyong tau dia memaang orang terpandang di kampung inyong, dan anak-anak dia memang anak berprestasi di sekolahnya...dan dia tau, inyong anaknya biasa-biasa aja, tidak pernah berprestasi di sekolah, namun apakah perkataan dia itu bijaksana).
Pernah suatu ketika, ada seorang raja yang memiliki 3 ahli tafsir mimpi..Suatu ketika raja tersebut bermimpi giginya tanggal semua..Karena dia memiliki ahli tafsir mimpi maka dia tanyakan masalah mimpinya tersebut ke 3 ahli tafsir mimpi tersebut..Akhirnya dia panggil satu demi satu ahli tafsir tersebut...Untuk pertama kalinya dia panggil si ahli tafsir A
Sang raja= Wahai ahli tafsir mimpiku, apakah gerangan arti mimpiku ini, tadi malam saya mimpi semua gigi saya tanggal?? apakah ada firasat jelek wahai ahli tafsirku??
Si ahli tafsir B= Wah, sory dont morry tuanku..Kalo mimpi tuanku begitu, berarti itu pertanda buruk tuanku..Tuanku akan kehilangan seluruh anggota keluarga, alias keluarga tuan mampus bin dut..
Sang raja= Weladhalah, ha kok kamu tega-teganya bilang kayak gitu..Pengawal!!!Seret dial ke penjara, hukum pancung dia, penggal dia..supaya dialah yang dimaksud mimpi gigi tanggalku itu...
Kemudian karena tidak puas dengan tafsir si A, dia akhirnya panggil ahli tafsirnya si B..Si B ini ilmunya lebih mumpuni..Semua buku-buku tafsir dah dia baca semua..semua teori tafsir dah dia baca semua dan dia hapal semuanya, tinggal praktek doang..
Sang raja= Wahai, ahli tafsirku..aku mau tau maksud mimpiku tadi malam, aku mimpi semua gigiku tanggal semua, apakah ini pertanda buruk?? Kata temenmu si A, bahwa aku nanti akan kehilangan seluruh keluargaku...
Ahli tafsir B= Wah bener sekali apa yang dikatakan si A, hadza shohih raja...keluarga raja bakal mati bin mampus alias dut..
Sang raja= Weladhalah, ha kok kamu ngikut-ngikut si A, hawong si A aja gara-gara perkataan itu udah saya pancung..Kalo gitu, Pengawal!!!seret juga nih orang ke penjara, hukum pancung dia, kill him!!
Raja menjadi kawatir dengan penjelasan-penjelasan ahli-ahli tafsirnya, Ha gimana gak kawatir, kehilangan seluruh keluarga bok..mangkanya dia dah anti banget dengan para ahli tafisr mimpi, dan dia berjanji bagi si ahli tafsir yang ketiga ini..kalo jawabannya sama, dia bakal penggal tuh kepala si tafsir C dengan tangannya sendiri..Kemudian dia panggil ahli tafsir C untuk menghadap kepada beliau..
Sang raja= Wahai ahli tafsirku, aku telah memerintahkan memenggal 2 ahli tafsir sebelum kamu..padahal hanya gara-gara mimpi saja, dan saya menanyakan mereka perihal mimpi tersebut..Ha kok mereka bilang keluarga inyong bakal mampus bin dut..aku tidak mau hal itu terjadi padamu juga wahai ahli tafsirku, sekarang berilah aku kabar gembira mengenai mimpiku itu..jangan kabar buruk yang kau sampaikan...
Ahli tafsir c= Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Alloh..Raja pangjang umur, Raja akan diberikan umur yang panjang oleh Alloh SWT, meskipun keluarga raja pada meninggal...
Sang raja= Yang bener kamu, saya akan berumur panjang...
Ahli tafsir mimpi c=Bener tuanku, raja akan diberikan umur yang panjang..MasyaAlloh, bersyukurlah kepada Alloh atas keberkahan ini tuanku...
Sang raja= MasyaALloh, terimakasih ahli tafsirku...
Manakah yang lebih bijaksana, ahli tafsir A, atau ahli tafsir B, apa ahli tafsir C...Padahal, bahan dasar dari ahl tafsir tersebut sama-sama pahitnya, namun barang pahit perlu dibungkus dengan yang manis-manis...Hari ini dengan mudahnya seseorang bilang mbidah dholalah, neraka, neraka, neraka. Hari demi tidak afdhol bin nikmat tanpa bicara mbidah dholalah dan neraka...mungkin rika ataupun inyong sering ngucapin hal tersebut kepada orang lain, tanpa wise is bijakasana sedikitpun...Yang ada hawa panas dan nafsu menyelubungi mulut dan lidah ini..Sudah berapa kata tersebut tertumpah kepada sedulur-sedulur kita?? wallahu alam

8 Responses to “Bijakasana is wise”

  1. # Blogger Adam LF

    Assalaamu'alaykum...

    :-D Weleh2...
    Jadi teringat Kisahnya Nabi Yusuf 'Alayhi Salaam niyy.. Sewaktu menafsirkan mimpinya Raja yang berkuasa waktu itu...

    Semoga kita bisa bersifat Hikmah dalam segala hal..

    Wassalaamu'alaykum..  

  2. # Blogger okebebeh

    waalaykumussalam mas...amin..  

  3. # Anonymous Anonymous

    Aslkm..

    piye iki pak.. jadi takut ..


    semoga Alloh selamatkan kita dari su'ul khotimah.. Amin

    Martik  

  4. # Blogger okebebeh

    harap dan cemas...itulah yang ditunggu dalam setiap manusia..  

  5. # Blogger lady

    mmg lidah tak bertulang, kalo ga diatur sama otak dan hati akan bablas angine... sakpenake dewe.  

  6. # Blogger okebebeh

    to mbakyu lady===inyong setujuuuuuu..he..he, daripada bonyok entar..  

  7. # Blogger Kang_Abuy

    baca tafsir puasa puasa jadi inget sayur sop, bisa batal neh  

  8. # Blogger okebebeh

    to kang abuy===>sayur sop inyong mantabb sekali loh kang..mau nyobah??  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health