P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Ente Bahlul Return...

Inyong pernah baca suatu artikel di salah satu koran harian di negeri ini, berjudul sama dengan judul yang inyong pakai kali ini di blog paseduluran..Mendengar logat judul yang inyong pakai, rika pasti tau klo bahasa itu gak jauh-jauh dari orang-orang keturunan arob yang ada di Indonesia..

Inyong jadi kaget setelah membaca artikel di koran tsb ..Gimana gak kaget, orang arob yang inyong ketahui dari kitab-kitab orang-orang terdahulu maupun kitab-kitab sekarang menyebutkan kegagahan mereka dalam menyebarkan agama yang haq sampai ke ujung dunia sehingga mereka tersohor sampai ke ujung dunia, ha kok sekarang gak jauh-jauh dari label sukanya menggagahi...Ibarat dulunya Singa sang raja hutan dengan gigi taringnya yang siap menerkam semua musuhnya, ha kok sekarang seperti singa ompong kehilangan taringnya..Yang dulunya selalu terkenal singa yang gak pernah tidur siap siaga selalu, ha sekarang kok mlempem tertidur pulas sampai lupa bangun lagi...

Kawasan Puncak bogor, kawasan senen jakarta udah gak asing lagi bagi si Ente Bahlul ini..Inyong pernah ketemu dengan mereka di kedua kawasan ini..Weladhalah, hak kok mantebss sekali bawaan mereka, wanita kinyis-kinyis denok ndeblong bin kinclong, masih muda-muda lagi..Inyong sendiri yakin tidak semua orang arob yang di metropolitan begitu semua, masih banyak yang menjaga diri dari hal-hal semacam ini..Namun, titel yang sudah melekat bagi orang-orang arob yang ada di metropolitan ini sungguh mengejutkan inyong yang kagak pernah menyangka dengan hal semacam itu..

Apakah sudah saking parahnya seperti itu, sehingga nilai-nilai leluhur mereka sudah tercampakkan dari mereka!!! Rika pasti tau siapa Abu bakar Rhu, beliau adalah salah satu sahabat Nabi SAW yang selalu membenarkan apa yang Rasulullah buat dan kata..Muawiyah Rhu ketika bertanya tentang sifat pribadi Abu bakar rhu kepada ibnu abbas rhu, beliau ibnu abbas rhu katakan "demi Allah, dia itu sangat suka membaca Al-Quran, sangat membenci kepada kejahatan, tidak pernah membuat kekejian, selalu melarang berbuat kemungkaran, sangat ahli tentang urusan agamanya, kepada Allah amatlah takutnya, senantiasa bangun di waktu malamnya, bila siang berterusan puasanya, senantiasa membelakangi urusan dunianya, kepada rakyat terkenal adilnya, membuat makruf maksud kerjanya, senantiasa bersyukur dalam segala hal-keadaan, pagi dan petang berzikir lidahnya, dan untuk maslahat diri ditinggalkan kesemuanya. Dia senantiasa melebihi teman-temannya dalam kewara'an, dalam kesederhanaan. dalam kezuhudan, dalam kecukupan, dalam kebajikan, dalam kelengkapan, dalam kethaatan dan dalam menyesuaikan diri pada semua keadaan, maka karena itu, mudah-mudahan Allah akan menurunkan kutukannya terhadap siapa yang membencinya hinggalah ke hari kiamat!

Siapa yang tidak kenal sahabat umar rhu? Muawiyah rhu yang waktu itu juga menanyakan sifat Umar Rhu kepada ibnu abbas rhu juga, ibnu abbas rhu katakan "Bukankah Umar itu pembela Islam, pelindung anak-anak yatim, induknya iman, tempat bergantungnya orang-orang yang lemah dan tempat kembalinya semua orang yang beragama. Dia adalah benteng bagi sekalian ummat, tempat bermohon bagi semua rakyat. Dia berjuang menegakkan hak Allah dengan penuh tekun dan sabar, sehinggalah Allah,memenangkan agama ini kepada ramai manusia, dan membuka banyak negara yang di bawah taklukan musuhnya. Kini sebutan nama Allah tersebar pada setiap lembah dan negeri, pada setiap tanah rata dan bukit-bukit, ada setiap kota dan kampung halaman. Pada kata-kata yang keji ia selalu menjauhkan diri, pada keadaan susah dan senang ia tetap mensyukuri, tidak pernah berhenti dari mengingati Allah dan selalu menepati janji. Karena itu, mudah-mudahan Allah akan menurunkan kemurkaannya kepada siapa yang membencinya hingga ke hari penyesalan di hari kiamat nanti!

Siapa yang tidak kenal sahabat utsman rhu..Ketika Muawiyah rhu menanyakan sifat ustman rhu kepada ibnu abbas rhu, beliau ibnu abbas katakan Dia adalah semulia-mulia anak cucu, yang kepada kaum keluarga suka membantu, dan dalam medan perang tidak gentar. Dia di waktu malam terus dalam keadaan bersujud, bergenang air mata bila mengingati Tuhan, siang dan malam menanggung fikiran, senantiasa bergerak ke arah sifat yang dimuliakan, senantiasa menjauhkan diri dari perbuatan yang mencelakakan, demi memelihara diri dan mencari keselamatan. Dia mengeluarkan hartanya untuk membiayai bala tentera, dan membayar harga yang mahal untuk membeli sumber air untuk rakyat jelata, dan dia juga seorang yang menikahi dua puteri Nabi yang mulia. Maka moga-moga Allah menurunkan kemurkaannya ke atas siapa yang mencacinya hingga ke hari kiamat.

Siapa yang tidak kenal dengan sahabat ali Rhu, Muawiyah rhu waktu menanyakan sifat Ali rhu kepada ibnu abbas rhu maka ibnu abbas rhu katakan "Dia itu, demi Allah, adalah panji-panji hidayah, sarangnya taqwa, sumbemya segala akal dan kepintaran, pokok dari segala kecantikan dan kesempurnaan. Dia adalah cahaya yang bersinar di tengah kegelapan malam, selalu mengajak ke jalan yang benar dan mencari ilmu yang mendalam. Dia ahli dalam mengartikan kitab-kitab yang purba, pakar tentang pentakwilan Al-Quran yang mulia, senantiasa berpegang kepada sebab-sebab petunjuk agama, selalu membelakangi sikap yang zalim atau suka menganiaya, selalu menjauhkan diri dari jalan-jalan buruk dan binasa, suka mendampingkan diri kepada orang yang beriman yang taqwanya amat ketara. Dia adalah sebaik-baik orang yang bergamis dan menutup kepala, seutama-utama orang yang berhaji kemudian bersa'i pula. Banyak toleransinya dalam segala perkara, nampak jelas keadilannya dalam kehakimannya di mana saja, amat bijak dalam pidato dan berbicara, tiada siapa yang dapat mengalahkannya biar datangnya dari segala penjuru alam dan dunia, hanya yang dapat mengatasinya ialah sekalian para Nabi dan Rasul yang mendapat keutamaan Tuhan, khususnya Nabi Muhammad yang terpelihara dan terutama dalam semua waktu dan zaman. Dia adalah orang yang pernah bersembahyang dengan Nabi sehingga mereka menghadapi ke arah dua kiblat, apakah ada orang lain yang dapat menandinginya? Dia telah menikahi semulia-mulia kaum perempuan (yakni Siti Fathimah binti Rasulullah), apakah ada orang yang dapat menyamainya? Kemudian dia juga ayah kepada dua cucunda Rasulullah yang sangat dikasihinya, apakah ada lagi kelebihan yang lebih tinggi daripadanya? Kedua belah biji mataku belum pernah melihat orang sepertinya, dan barangkali tidak akan dapat melihat seumpamanya hingga ke hari kiamat, hari pertemuan dengan Allah, Tuhan semesta alam. Jadi, siapa yang melaknatinya, maka turunlah laknat Allah dan laknat para hambanya ke atas orang itu hinggalah ke hari kiamat."

dan masih banyak lagi sahabat dan sahabiah rhum ajmain yang memiliki sifat-sifat mulia keutamaan yang tiada tandingannya..nama-nama mereka harum mewangi sepanjang jaman ...hampir kitab-kitab jaman dahulu sampai jaman sekarang kisah-kisah mereka selalu menghiasinya...Inyong sangat berharap, singa-singa yang sekarang tertidur pulas lekas segera bangun dari tidur panjangnya, sudah waktunya auman kalian dihidupkan lagi..Dan hal itu akan datang dan itu pasti...


14 Responses to “Ente Bahlul Return...”

  1. # Blogger NN

    saya malu lom bisa kaya sahabat, bapak doain saya, jangn lupa 3.4.5 agustus  

  2. # Blogger Sibolang

    to mas NN===>kita sama2 meneladani mereka mas, dan bila belum mampu kita niat bersama-sama untuk selalu meneladani mereka Rhum 'ajmain..insyaAlloh saya niat, bagimana dengan mas NN??  

  3. # Blogger Dunia dan Aku

    Subhanallah...Allah tau ini pasti terjadi , dan Allah juga sudah beri banyak peringatan buat kita semua, sbgmana dalam salah satu ayat Allah ingatkan ...kebaikan bukanlah menghadapkan wajah ke barat atau ke timur tp kebaikan datang dari Allah..moga dengan tulisan mas bolang ini mengingatkan kita agar menjagi orang yg mendapat peringatan sesuai perintah Allah  

  4. # Blogger Sibolang

    to mbak dunia dan aku====>saya minta doanya ya mbak yaa, tujuan inyong nulis ini khusus untuk memperingatkan diri inyong aja kok mbak..bila ada yang mau mengambilanya alhamdulillah, kita sama-sama (saling) beri peringatan mbak..  

  5. # Anonymous Anonymous

    mas jaulah 1 nya hari apa?  

  6. # Blogger Sibolang

    to anymous===he..he..jadi malu mau jawabnya..  

  7. # Anonymous KhamShe

    iyong'e ora gumun kang..semenjak dela2 krungu arob merkosa tkw,..wis pokoke tetep manusia sing otek'e bisa waras bisa sadar. drajate ta iya nggone nabi..moral'e antara 2 paha...aku palahan tembe krungu nang arob ana miss arob karo arob idol. wis jan..arab kebalik..dadi umaerika.  

  8. # Blogger Sibolang

    to kang khamse===> Jamanne mirip mbalik maneh jaman sakdurunge kanjeng nabi Muhammad SAW diutus kang..Kudu ono sing ngelekke...Kang khamse melu tanggung jawab juga yo kang melu ngelekke...  

  9. # Blogger Ummu Mumtazah

    Kondisi di negeri arab saat ini sering dijadikan legitimasi bahwa penerapan Islam tak akan pernah menuai berkah.Buktinya orang-orang arab saja yang "paham Islam" masih sering berbuat salah. Padahal analogi demikian adalah keliru. Jika ingin melihat bagaimana ber-Islam yang benar ana setuju dengan antum lihatlah kepada Para Shahabat ra. Merekalah sosok yang patut untuk kita jadikan cermin. Dan Ketaatan mereka dalam menjalankan perintah Allah patutlah di tiru.Ya Allah berilah petunjuk-Mu dan kuatkanlah agar kami dapat seperti mereka.Amin..  

  10. # Blogger wongndeso

    jangan lupa juga ....si abu lahab juga orang arab, tokoh2 kafir juga orang arab....dari yang kafir tengik sampe yang imanya mantab ada juga di arab,,,,dadi yo wajar..malahan ada ust yang bilang kalo arab saudi sekarang diganti saja jadi yahudi arabia ...wis mboh jan  

  11. # Blogger wongndeso

    jangan lupa juga ....si abu lahab juga orang arab, tokoh2 kafir juga orang arab....dari yang kafir tengik sampe yang imanya mantab ada juga di arab,,,,dadi yo wajar..malahan ada ust yang bilang kalo arab saudi sekarang diganti saja jadi yahudi arabia ...wis mboh jan  

  12. # Anonymous Joko

    Satu lagi pak, itu kalau orang barat menggambarkan orang arab kok selalu pake penari perut sih? Lha itu memangnya di arab sana ada yang tari perut gitu?  

  13. # Blogger Sibolang

    to kang ndeso===> ha wis emboh juga

    to mas joko tak uk uk===>karena orang barat perutnya bodong mas..mangkanya pakai perut orang lain..(sory nih yang ngerasa orang barat)  

  14. # Anonymous Anonymous

    Sheillo bilang:

    duh... sedih deh liat aibnya keturunan sahabat. saatnya kita saling mengingatkan kepada mereka... :(  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health