P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Becik Ketitik, Olo Rupamu....

Pernah lihat orang kampung yang ngais upo (sesuap nasi) di kota metropolitan kemudian berubah 180 derajat kehidupannya?? Ketika dulunya di kampongnya dia masih culun, umbelen melar-meler, pipis aja minta ditemenin, mandi minta dimandiin, mau bedakan minta dibedakin..ehhh pulang dari metropolitan sudah bisa ngomong loe-loe gue gue, sudah berani pamer udel bodongnya, seneng pakai you can see, petentang-petentengin HP sambil jeprat-jepretin temennya dikampung (padahal sejujurnya cuman casingnya doang aja yang berkamera, fiturnya hanya sms ama bisa buat nrima dan nelpon doang), berambut pelangi (merah, kuning, ijo), de el el… Padahal sebelum dia berangkat ke metropolitan diiringi derai air mata orang sekampung, ha gimana gak ditangisin., turun gunung dia hanya bawa bondo nekat saja, uang seadanya itupun urunan orang sekampung... Yang ada dipikirannya negeri impian dengan segala sesuatu yang bisa diraihnya…gak tau apa yang nanti bakal dihadapinya di kota penuh gemerlap itu, bisa makan alhamdulillah, gak bisa makan ya ngere...

Ketika sudah mengarungi kehidupan kota metropolitan haa kok berubah total, sebut saja mbakyu sisri, baru 3 bulan di Jakarta balik ke kampung kehidupannya bak ecekutip tua..ngowah-ngowoh sambil berkoar-koar tentang kehidupan gemerlapnya kota metropolitan, kehidupannya telah naik kelas, dari kelas ndeso ke kelas kere (keren dan trendy)..Temennya seperjuangan, kang ghondhes yang belum terjamah kehidupan hiruk pikuknya kota metropolitan hanya geleng-geleng kepala gumunan atas perubahan yang dialami temennya mbakyu sisri..

kang ghondhes= Loh mbakyu, kamu sudah berubah ya sekarang..jadi gaul sekarang..

mbakyu sisri= Ya gitu dech..gue gitu loch...

kang ghondhes= Wah, itu rambutmu kenapa tuh..ha kok ijo royo-royo gitu toh mbakyu..

mbakyu sisri= Emang so what gitu loch...

kang ghondhes= mbakyu, kamu sekarang dah berubah nih.,.tambah kayak artis aja..padahal dulu kamu ini bedak aja masih dibedakin sama simbok kamu, mandi masih dimandiin sama simbok kamu..

mbakyu sisri= gue gitoe loch...

kang ghondhes= mbakyu, wajahmu sekarang jadi putih gitu yaa..apa ini hasil dari metropolitan toh mbakyu..mirip loh sama si siapa tuh..inyong lupa (sambil mikir)

mbakyu sisri= gue gitoe loch..emang mirip siapa gue?

kang ghondhes= itu loh mbakyu, mirip sapi...

mbakyu sisri= capee dechh...

Hari ini muka wajah ini bisa dirubah, mau bentuk yang gimana saja bisa, mau bentuk manyun, mau bentuk ndomble bin memble, monyong, ganteng , cantik, gampang saja...tinggal poles pakai dempul..mau jadi artis gampang aja, tinggal modal nampang doang ntar bakal laku..mau nyari wanita kinyis-kinyis plus semlohay tinggal moles tuh muka ntar juga dapet, begitu sebaliknya dengan di wanitanya..Semuanya gampang ditipu dengan wajah yang memukau..semua tinggal pakai duit semua rembes bin beres..Jutaan dan miliaran bahkan sampai trilunan dihabiskan untuk memoles wajah ini, baik dari pembersih muka, lidah buaya ijo, luluran sampai comberan dipakai untuk memoles muka ini biar menarik...semuanya demi wajah yang menipu ini..semua cara digunakan..

Hari ini wajah rika dan inyong bisa digunakan untuk menipu, berlindung dibalik topeng-topeng... namun dihadapan penguasa nanti wajah-wajah yang telah menghabiskan jutaan, miliarann, bahkan sampai triliunan ini tidak ada artinya sama sekali dihadapanNya...Innallaha laa yandhuru ila shuwarikum wa amwalikum walakin yandhuru ila qulubikum (sesungguhnya Allah Ta'ala tidak melihat kepada bentuk muka dan harta kamu, akan tetapi Dia melihat kepada hati kamu).

Gambar sapi diambil dari sini

Gambar topeng diambil dari sini

Almufradat:
1. Becik ketitik, olo rupamu= (Suatu saat nanti) yang benar akan kelihatan, (yaitu) mukamu kelihatan buruknya

14 Responses to “Becik Ketitik, Olo Rupamu....”

  1. # Anonymous NIP

    wah dHe Bolang mulai matek aji,
    artikelnya pas banget.
    dhe mau tanya, dari data statistik, berapa rata2 perbandingan antara jumlah jam perhari untuk:
    1. Mikirin fisik
    2. Mikirin hati
    kalau punya data kasih bocorannya dHE. Kan dhe Bolang networknya udah luas :)  

  2. # Anonymous NIP

    maaf, ini nambahin
    becik ketitik olo RUPAMU
    ini foto Michael Jackson yg kebanyakan plastic surgery :
    http://www.snopes.com/photos/people/jackson.asp

    bandingkan dng wajah asline.
    Ternyata cakepan bikinan gusti Allah ya  

  3. # Blogger Sibolang

    to pakdhe NIP===>walah..yang ada cuman sensus penduduk sama sensus kemiskinan kang..yang sensus2 sepeti itu gak akan ada kang..Kalopun ada, inyong salah satunya yang pakai topeng itu..  

  4. # Anonymous balibul

    wah apik tenan ki postingan......  

  5. # Blogger Sibolang

    to kang balibul====>weladhalah..seleb blogger berkunjung kesini juga yaa..inyogn jadi malu nih kang..  

  6. # Blogger Sheillo Elaswady

    kalo gw sih tetep mikirin rupo, mumpung masih jadi tuntutan profesi... halah, emang kerja dimana dikau kang? :p  

  7. # Blogger Sibolang

    to kang sheilo==haiah, baru beberapa hari di metropolitan aja dah keseplet ya kang yaa..yang jelas pekerjaan inyong nyaman kang, tanpa harus perlu setor tampang dulu..

    private=kapan muleh nyang ndeso kang??? bapak simbok karoan bojo wis kangen kae..  

  8. # Anonymous Putra Daerah

    Bagi orang2 daerah macam saya, Jakarta memang bagai kota impian, tempat kita meraih cita.
    Jakarta oh jakarta....  

  9. # Anonymous joko

    kang bolang, kaloi diringkes postingannya mirip dengan lagunya Jahanam dengan judul Tumini, perhatikan lirik dibawah ini yang saya ambil dari http://deasyluv.blog.com/123520/?page=2#17 dan tentunya dengan sedikit pembetulan karena ada yang tidak sama.

    Tumuni - Jahanam

    tum diundang mbokmu
    tum diundang mbokmu
    tum diundang mbokmu


    sok, esok, esok
    wektu ku lagi ngopi
    mendadak panas motoku dadi risi
    ono cah wedok mlaku nang ngarep omah
    ra ngerti marai deg-deg neng njero jantungku
    ireng bocahe, seksi bodi awake
    mugo akeh wong lanang lirak-lirik matane
    nganggo klambi transparan ning seksi jarene
    nganti ra kuat elingku ndeloke wudhele
    diwernani raine nganti koyo bang-jo
    ra dipikir karepe opo lek arep dienggo
    dasare wong dheso, opo-opo dipekso
    akhire kabeh malah dadi rekoso
    ancen aneh wong wedok urip nang dunyo
    kabeh-kabeh ra ono sing sempurno
    tingkah polahe pancen njengkelke
    aku ra ngerti opo piye seng dikarepke

    tumini lek neng kuto diundang ine
    jare ben gaul nek diundang kanca-kancane
    bola-bali wong wadon kemayu ra ngilo kithoke
    ra nduwe isin sak penake wudhele dhewe
    waktu ijen pamer ben ketok bahenol
    nganggo sepatu cetok rok mini rong ireng kempol
    mlebu mall ngguya-ngguyu nggarengke untu sing ambu jengkol
    lanangake ndo ngematke kemekelen nganti ngompol
    pacakan menor raine dipermak kandhel
    iku lambe bengese nganti setengah meter
    dasar ndeso rai gedheg body arem-arem
    mekane macak ayu malah dadi serem
    ketemu tonggo desho, sebelah omah kono
    dijak rembukan kon bali welinge wong tuwo
    ine eh tumini nesu-nesu sak naliko
    konangan asline sing ra adoh soko kuto

    e e tumini, meki-meki en nggatheli
    lek wes kewengen nganti koyo peri
    lek klambenan sing werna-weni
    oalah nok kono dang bali nang desho
    wong tuwomu lek ngenteni wis yo loro-loro
    wis tho, bali nang ndeso
    kawino karo kang prapto

    tumini merengut, lambene mbesengut
    nek pas nesu yen plek koyo marmut

    * tum diundang romo
    kon bali nang ndeso
    ngrabeni kang prapto
    nduwe anak lima
    mrongos sedoyo sedoyo
    tum diundang mbokmu, tum diundang mbokmu
    [2x]


    maklum kalo bhs Jawa, jawanya saja bahasa jalanan :D (javanesse gaul), kalo mau tahu lagunya nyari aja di multiply  

  10. # Blogger Sibolang

    to kang joko tak uk uk===> ha..ha..kemekelen aku kang moco lirik lagune..bener-bener gambarke kahanan sing kasunyatan..tapi kang, ikoe seharuse ojo gowo-gowo jeneng pasaran..mengko iso keno perdata kuwi..prapto, tumini..nyang ndesoku ono kabeh jeneng kuwi..  

  11. # Blogger Sibolang

    to kang putra daerah====> Kalo ragu-ragu gak usah aja kemetrolitan kang, yang namanya putra daerah itu biasanya yang dah unggulan kan kang..cukup kita2 aja yang ngere di jakarta kang..  

  12. # Anonymous joko

    sssst.., yg mo dengerin tumini minta sama pak bolang, beliaunya sudah tak kirimi

    perhatian:
    yang bernama prapto dan tumini dilarang keras mendengarkan lagu ini. :p  

  13. # Blogger Sibolang

    to kang joko tak ku ku===>mbakyu tumini bakal menghiasi di artikel selanjutnya kang..tunggu tanggal mainnya saja..  

  14. # Anonymous Lik Run

    oooalah srii... sriii wong edan kok ditiru...
    sakbenere selebritis kuwi niru gayane KEreBritis. mulai soko sandangan wae nganggone aneh2, trus podo ranggagasane... ranggagas karo kiwo tengene..

    salam kenal nggih mas?  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health