P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Aya-Aya Wae...


Anak kecil umur 3 tahunan disuruh doa kok masih gelepotan, itu sich wajar aja..Namun yang kebangeten itu klo dah bangkotan bin mambu lemah ngikut-ngikut latah kayak anak-anak kecil waktu disuruh doa..Ha trus hidupnya yang 60 tahun dah jalan itu buat ngapain..apa buat molimo aja tuh hidup (Mendem, Madon, Main, Mahnyongan,trus akhirnya Modiar sisan)?? atau umur segitu dihabisin buat ngejar mbok rondho kinclong tetangga sebelah? wis jan aya-aya wae...

Gimana gak malu-maluin tuh orang, hawong disuruh doa makan ha kok malah bacanya pakai doa mau jima’..wis jan klo ini memang bener-bener uedan..Masak udah enampuluh tahun bercokol di dunia ini setiap mau makan pakai doanya pakai doa jima’..Ha trus waktu dia mau jima’ sama istrinya pakai doa apa?? Apa pakai doa mau masuk WC..Ha embuh..

Simbah gondhes= Le thole, inyong kie keno po yo lee..anak putu inyong kok lemu-lemu ginuk-ginuk senengane mangan drembo loh, opa-opo kamplo nyang njero weteng..

Si thole= Ha yo alhamdulillah toh mbah, banyak orang tua punya anak dan cucu kurus-kurus pingin kayak simbah yang punya anak putu ginuk-ginuk cemewel pingine njiwiti gitu loh..

Simbah ghondhes= pinginnya sih kayak gitu le...cuman inyong wis ora kuat masalah biayane iki loh..ha wong beras naik, minyak goreng naik, minyak tanah susah didapat, susu anak susah didapat..inyong sing repot lee...

Si thole= Sing sabar wae mbah..ngomong-ngomong, inyong mau takon mbah?? simbah dulu klo mau jima' ama istri pakai doanya apa??

Simbah ghondhes= hayah, ngetes nih..hayo gampang klo itu lee..doa itu doa yang paling kuhapal, dari masa muda inyong dah latihan terus kok..sampai-sampai inyong latih tuh doa tiap hari 5 kali..

Si thole= doanya apa toh mbah??

Simbah gondhes= Allahumma bariklana fiima razaqtana waqina 'adzabannar...

Si thole= woalah mbah-mbah..ha itu kan doa makan, mangkanya anak putu rika drembo pinter makan, semua makanan masuk..itu kuncinya..


Melihat kisah itu kok inyong jadi inget kisah salah satu shahabat nabi, Abu Musa Al Asy’ari rhu ketika beliau bersama pasukannya berangkat ke medan jihad, dan pada waktu itu beristirahat disuatu tempat…Ketika setelah sholat dhuhur, seluruh pasukannya membuat majlis ilmu secara melingkar, sampai dengan waktu ashar. Setelah adzan ashar selesai dikumandangkan, maka seluruh pasukannya pada berdiri kemudian berangkat menuju tempat wudhu (padahal tidak semua pasukannya yang menuju tempat wudhu tersebut batal wudhunya/ telah berhadas)..Melihat hal itu, Abu Musa Al Asy’ari rhu memerintahkan kepada muadzin untuk mengumumkan supaya yang berangkat ke tempat wudhu hanyalah orang-orang yang telah berhadas/ telah batal wudhunya..Kemudian beliau rhu berkata dengan keras “Kini telah nampak kebodohan umat hari ini, saking bodohnya bahkan seorang anak akan tega untuk menggorok/menebas leher ibunya”

Bener-bener mantabss kisah diatas, saking fentingnya belajar ilmu sampai-sampai majelis ilmu diadakan di medan perang..Mangkanya inyong sendiri jadi merasa malu melihat kisah diatas, umur dah seperempat abad lebih dikit ha kok kalah ama anak-anak umur belasan tahun yang dah apal quran, yang fasih cas cis cus bahasa arob fushoh..wis jan, duh Gusti Alloh, Allahumma faqihna fiddin..

Ha trus gimana kalo dah begitu, dah bangkotan tapi kok kalah sama anak-anak…Ha yo belajar terus gitu, Tholabul ‘ilmi faridhotun a’la kulli muslim wal muslimah. Gak usah pandang usia, mau mambu lemah, mau otot kawat balung wesi sama aja kewajibannya yaitu nuntut ilmu sing gethu..

7 Responses to “Aya-Aya Wae...”

  1. # Blogger NN

    Assalamualaikum, bapak kok kisahnya tentang saya seh ....:( ajarin baca doa donk pak, apa kita keluar bareng2 :(,  

  2. # Blogger Sibolang

    to NN===>waalaikumsalam, he..he...itu nyritain inyong kok kang..ha klo ada yang kesindir berarti sama-sama inyong dong kang..  

  3. # Blogger Eko SW

    bersyukur ya kita yg kenal agama.
    smg tetap terjaga melawan dunia dan nafsu untuk dunia.

    dan tetap Allah pilih dalam usaha dakwah ini....  

  4. # Anonymous KhamShe

    assalamu'alikum kakange..
    wah..inyonge kesinggung..isin aku. bener kang anak2 siki lewih cerdas..ora kaya inyonge sing mangan mendoan karo krekel. memori otak juga menentukan nggo belajar..ra mlebu2 ...jan ora apal2. sing penting belajar terus...monggo.  

  5. # Blogger Sibolang

    to kang khamse===>wealah kang-kang..saiki mah panganan malah medeni kang, panganan kok ono formalinnya, ada pewarnanya, ada campuran babinya..malah anak jaman sekarang ini yang susah, dikandangi lewat kuping kanan langsung metu ke kuping kiri, cuman numpang lewat thok nasihatnya..Trus klo kita yang udah bangkotan ini masih susah, ha itu wajib dipertanyaken itu kang..  

  6. # Blogger Sibolang

    to kang ekosw===>bersyukur itu wajib kang..malah ada tambahan lagi loh kalo kita bersyukur...  

  7. # Anonymous NIP

    Assalamu'alaikum PakDhe,
    Apa kabar, terima kasih ya sudah dijenguk, kok lama nggak nongol apa umroh saya?
    Wah, aku nggak Umroh kok Dhe.
    Ini baru mau kasih kabar, malah pakDhe udah bikin artikel yang sebenarnya itu yg mau saya jawab. Ini aku baru nung2 merenung, rasanya kok soyo mlayu soyo adoh.
    Saya itu pergi agak lama ya karena alasan seperti artikel njenengan Dhe.
    Terima kasih ya Dhe, salam untuk keluarga, dan semuanya saja. Semoga kita semangkin hari semangkin bertambah taqwanya. Amieen..
    dhe NIP :)  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health