P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Serahken (Kenafa) Kepada Ahlinye...

Sibodhong, si gondhes, kang paijo, dan kang ogah lagi asyik masyuk ngobrol tentang perpolitikan kelas wahid di sebuah gardhu pos ronda yang hampir roboh dimakanin rayap..Hari ini Pembicaraan perpolitikan tidak hanya santapan bagi para elite kelas senayan saja, namun si bodhong, si ogah, si ghondhes, dan paijo, kelas penjaga gardu rondhapun ikut-ikutan nyumbang sih buat menyemarakkan pembicaraan kelas wahid ini..Mari kita simak obrolan 'gladrah mereka di pos ronda tersebut, yang secara tak sengaja direkam oleh sinyong yang kebetulan lewat situ:

Obrolan gladrah versi I
Si Bodhong: nDhes, inyong dapat kabar burung, rika mau jagoin jadi wakil rakyat dari fartai "nyang tahu sajah" ya??
Si Ghondhes: Ha kok tahu? kabarnya dari burungnya siapa emang??
Si bodhong: dari kabar burungnya pak RT dhes..
Si Ghondes: ooo, dari kabar burungnya pak RT tohh...ha pak RT itu kan memang tim suksesnya inyong loh kang..
Si Bodhong: Wooo, pantesan..Tapi ngemeng-ngemeng nih, rika entar rencananya rika di senayanan mau ngapain ndes??
Si Ghondhes: Inyong mau masuk komisi hankam kang..
Si Bodhong: Heloh, sampean kan lulusan sarjana perikanan kan kang?? ha kok mau masuk ke komisi hankam, nyambungnya dari mana toh kang??
Si Ghondhes: Wealah, meskipun inyong lulusan perikanan, tapi inyong kan kepala keamanan perondaan di RT inyong kang?? so, inyong dah berpengalaman lah masalah hankam gitu...
Si Bodhong: ooo gitu yaa, bener juga ya...

Obrolan gladrah versi II
Obrolan berlanjut, si bodhong dengan kang paijo. Seperti diketahui mereka berdua memang dari jaman bahulak sudah terkenal dengan peran saling antagonis..Mereka berdua pernah memperebutkan kursi kades di kampung mereka. Mereka berdua sudah menghabiskan miliaran rupiah buat saweran untuk jadi kades yang akhirnya si paijolah yang menang..Namun kini kang paijo telah pensiun dini, gara-gara ketahuan nilep duit kas desa...Dan kini mereka bersaing kembali untuk memperebutkan duduk di senayan city...
Si bodhong: Kalo dengan rika sendiri gimana jo, paijo?? rika nempel-nempelin foto rika di pohon-pohon gitu apa ngikutin jejaknya munyuk kang??
Kang paijo: Munyuk gimana maksud rika?
Si bodhong: Eh salah, kang ghondhes mangsud inyong??..
Kang Paijo: Yoi kang..Jangan lupa ya kang yaa..Contreng inyong yaa...
Si bodhong: Tapi Maaf nih ya kang yaa.. Itu foto-fotonya kok agak lain sama wajah rika kang. Di foto yang rika tempelin lebih banyak senyum, gigi tongos rika bisa tersembunyi, wajah rika bisa mulus tanpa didempul..Apa bener itu foto asli sampean kang??
Kang Paijo: ngehina nihh??
si bodhong: suer kang, beda jauh sama muke elo nyang asli kang?? muke elo kan giginya muncul ke permukaan, senyuman rika biasanya muncul kalo mengandung umpan aja, and wajah rika bulet kayak marmut??
kang Paijo: Weladhalah, ha anak ini kalo didiemin kok malah ngejek mlulu..
Si bodhong: Bukan ngejek kang, tapi kenyataan nih kang..suer deh, berani disamber geledek kayak si dukun cilik di jombang itu loh..
Kang Paijo: Heloh, rika ngajak kelahi nih mangsudnya..
Si bodhong: Heloh, iyong kan berkata jujur kang..kalo situ mau ngajak kelahi ayo gue ladenin..
(bak buk, bak buk..buk bak, buk bak, deer...Calon wakil rakyat latihan kelahi...)..nah ini cocoknya di komisi HAM...

Obrolan gladrah versi III
Keesokan harinya, setelah kejadian perkelahian kemarin yang lalu..Pos ronda jadi sepi, yang ada cuman kang ghondhes dengan kang ogah, sambil ditemani kopi hangat dan irama ndangdut si yuli ngeres..
Kang ghondhes: kang, gimana nasib kang bodhong sama kang paijo ya kang yaa?? Dah baikan belum tuh?? Tapi inyong denger mereka saling lapor ke polisi tuhh..gak tau tuh, gimane hasilnya..
Kang Ogah: Tau tuh kang, dah biarin aja..entar juga baikan sendiri..Mereka kan bikin sensasi aja, biar tambah terkenal..biar meningkat perolehan suaranya entar...
kang ghondhes: O gitu yaa, tapi ngomong-ngomong nih kang..Rika katanya juga ndaftarin jadi wakil rakyat thoh kang???
kang ogah: Iya kang, sebenarnya sih inyong agak ogah-ogahan gitu kang..tapi karena tuntutan hidup iyong, yang sehari makan, 2 harinya lagi gak makan itulah inyong mau ndaftar jadi wakil rakyat dhes..Siapa tahu inyong bisa menyalurkan keahlian inyong...
Kang ghondhes: Rencanya kalo jadi wakil rakyat mau masuk komisi apa kang..
kang ogah: Komisi percepekan kang..
kang ghondes: Heloh komisi apa tuh kang..kok baru denger..
Kang ogah: Ya sesuai dengan keahlian inyong kan kang, inyong kan biasanya narikin uang dari perempatan jalan untuk ngatur lalu lintas jalan dikampung kita kang..
Kang ghondhes: ooo gitu yaa...bener juga ya..

Nah, bagaimana menurut pendapat rika..Mana yang rika pilih???

3 Responses to “Serahken (Kenafa) Kepada Ahlinye...”

  1. # Anonymous Anonymous

    hmm...

    ga tahu kenafa..
    inyong kok ga bergairah utk pemilu kali ini..kenafa ya?

    nyanglagibingungngeliatcalegdanfartai,

    abihasan  

  2. # Blogger okebebeh

    to kang abihasan===> heloh kok malah tanya inyong kang..coba saja tanyakan ke rumput nyang agi goyang, siapa tahu punya jawabnya...  

  3. # Anonymous susan

    nice blog, saLam kenal  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health