P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Paseduluran....

















Trio Kwek-kwek, akur-akuran, gaya-gayaan, foto-fotoan bareng, makan bareng, minum bareng, pokoknya erat pasedulurannya, pokoknya rasanya senang..Susah ditanggung bersama, senang ditanggung bersama, saling membantu apabila yang lain butuh pertolongan...

Paseduluran, iya benar...paseduluran namanya..Karena memang kita semua kaum mukmin memang bersaudara, bila ada saudara-saudara kita yang berselisih alangkah baiknya untuk mendamaikan diantara mereka, supaya Alloh limpahkan rahmat pada diri kita ..
sebagaimana Alloh rekam hal tersebut dalam Kalamullohnya yang mulia:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
(Sesungguhnya orang-orang mu'min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. (QS. 49:10)..

Oh iya, perkenalkan dahulu foto diatas..dari sebelah kanan yang memakai baju pink dengan celana pink adalah anak tetangga sebelah inyong, yang ditengah dengan baju dan celana pink juga adalah tetangga depan inyong, dan yang paling kiri sendiri dengan jilbab kuning adalah anak inyong..Mereka bersedulur, mereka adalah bersaudara, bersaudara dalam kalimat yang mulia..

Inyong banyak belajar dari persaudaraan mereka, akur sekali..setiap salah seorang dari mereka punya makanan saling berbagi, setiap mau berangkat ke masjid untuk belajar/latihan sholat mereka saling menghampiri satu sama lainnnya..Meskipun, kadang waktu bermain ada yang nangis juga, namun hanya sebentar saja, habis itu baikan lagi..Lah, anak kecil aja bisa akur kayak begitu gimana dengan yang tua-tua..apakah mereka-mereka bisa akuran seperti itu juga..
Gosipan mereka bertiga seputar mainan, sekolah playgroup, pengajian TPA, lebih bermanfaat daripada gosipan kumpulan para ibu-ibu yang tidak mengenal waktu pagi, sore siang dan malam...pokoknya ideal sekali paseduluran mereka, inyong banyak belajar dari paseduluran mereka..

Inyong pun jadi inget paseduluran 2 (dua) golongan terdahulu, hayatush shahabah (kehidupan para shahabat rhum), dari golongan terdahulu dari kaum muhajirin dan juga kaum anshor, Alloh ridho pada mereka dan merekapun ridho pada Alloh SWT...mantabsss...trus gimana dengan kita, yang belum jelas Alloh ridho pada kita, dont be sad, Ikuti aja golongan mereka dengan baik, InsyaAlloh, Allohpun ridho pada kita dan kitapun ridho pada Alloh SWT. Hal ini Alloh janjikan pada kita dalam KalamullohNya yang mulia,
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
(Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (QS. 9:100)

Paseduluran yang mantabssss...........

7 Responses to “Paseduluran....”

  1. # Anonymous Anonymous

    Alloh.. ini bahasan yang menarik nih!!!

    saya itu paling suka berantem.. apalagi orang2 yang sok tau dan emng enak untuk dipukulin(hehehe)

    mudah2an jadi peringatan buat saya.. apalagi dalam memperjuangkan agama, kita harus sama-sama sabar.

    ciao pakde, thx 4 advisenya!! martik  

  2. # Blogger Sibolang

    to mas martik==>kita sedulur juga kan mas martik??  

  3. # Blogger Andi Eko

    Mengapa Paseduluran sering tampak bagus di saat anak2x atau masa kecil ya ? Klo dah gedhe banyak sekali perselisihannya daripada pasedulurannya.

    Apa mungkin karena mereka belum punya dosa ya .. sedangkan kita 2x ini . halah ... menghindari dosa aja susahnya minta ampun  

  4. # Blogger Sibolang

    to mas andieko===> salah nglihat kali, kita akur2an aja kok..he..hee..peace  

  5. # Blogger Aditya Nur Baskoro

    wah Mas martix, saya sedulurmu yaaa...jangan dipukulin.....aku sayang kamuu...hehehe  

  6. # Blogger S3Computer

    Pakdhe, ya begitu anak2, soalnya anak2 itu hatinya masih bersih..sih, ikhlas khlas, jadinya pesedulurannya bener2 indah bin apik.
    Nggak seperti kita yang sudah tuwek. Wis kakehan kotoran.
    Salam cubit untuk putrane yo Dhe  

  7. # Blogger Sibolang

    to pakdhe s3komputer===> sampean leres pakdhe..kita yang tua-tua ini harus banyak belajar dari mereka..  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health