P A S E D U L U R A N

Tempat Sedulur Ketemu Sedulur


Rumah tipe cluster

Bila rika pernah melancong silaturohim ke rumah-rumah tipe elite bakal nemuin nih apa yang dinamain rumah-rumah tipe cluster..dalam diri inyong pertama kali ketika nginjakin kaki ke jakarta yaa baru kali ini denger-denger istilah semacam gituan, panganan opo kuwi, inyong kira ada hubungan kekerabatan ama udang lobster..Ternyata rumah tipe cluster itu adalah semacam perkampungan atau perumahan yang menggunakan jalur pengamanan satu atap aja (yaitu maksudnya tempat masuk dan keluar, ke dan dari perumahan tersebut hanya satu arah saja) dan setiap mau masuk or keluar dari perumahan tersebut ada penjagaan yang ekstra ketat dari para satpam yang memang dibayar untuk menjaga keamanan tempat itu..

Mayoritas rumah-rumah semacam ini dihuni oleh golongan elite papan atas karena memang harganya mencakar langit, sehingga hanya orang-orang borjuis sajalah yang mampu untuk memiliki rumah dengan sistem keamanan seperti itu tanpa terbebani nanti bakal kegusur or maybe diopyak-opyak ama trantib, sedangkan untuk kalangan menengah kebawah plus yang dikolong jembatan silahkan gigit jari dulu aja, cuman jangan sampai lupa jangan keras-keras gigit jarinya ntar bisa putus..

Namun, dibalik kesuksesan kluster perumahan itu (tidak semua tipe perumahan cluster loh) jangan tanya paseduluran diantara mereka bagaimana ..Loe loe gue gue (kamu ya kamu, saya ya saya), gimana hubungan tetanggaan mereka gak usah ditanyakan, bagaimana nanti bila ada yang sakit diantara mereka gak usah ditanyakan, bagaimana nanti bila ada tetangga sebelahnya butuh pertolongan gak usah ditanyakan, yang ditanyakan adalah bagaimana uang bisa membeli semuanya..Takut hartanya dirampok, butuh keamanan, tinggal bayar satpam untuk jagain..Gak mau megang lap pel plus nyuci-nyuci takut kalo tanggannya kotor, tinggal keluarin monkey (money) buat beli pembantu..Jangan tanya masalah sakit, mau check kesehatan tinggal keluarin dari goceknya untuk nyari dokter pribadi..Jangan tanya nanti bagaimana bila nanti anaknya nanti mau walimahan nikah, kagak usah khawatir tinggal keluarin sedikit check untuk nyewa semua keperluannya, Pokoknya semua bisa dibeli dengan monkey (uang)..

Berbeda dengan kehidupan di perkampungan kang gondhes yang serba guyup rukun tata tentrem karto raharjo, tidak ada tipe cluster2an, yang ada jalan tembus dari mana saja, welcome saja, semua yang kalo kaum borjuis bisa beli semuanya pakai uang, maka di perkampungan kang ghondhes bisa selesai semuanya dengan paseduluran mereka..Bangun masjid tinggal gerakin wong ndesonya untuk kerja bakti ramai-ramai, ada saudara sekampungnya yang sakit, tanpa disuruh sudah pada menengok ke yang si sakit..Ada saudara kampungnya yang walimahan, gak disuruh sudah pada datang bantuin..Semuanya selesai dengan paseduluran..

Itulah hidup, warna warni hidup.....bagaimana dengan kampung/ kota rika??

Almufrodat/kosakata:
1. Panganan opo kuwi = makan apa itu?
2. Diopyak-opyak= Dikejar-kejar
3. Guyup rukun tata tentram karta raharja= hidup rukun sentosa
4. Wong ndeso= orang kampung

2 Responses to “Rumah tipe cluster”

  1. # Blogger S3Computer

    Assalamu'alaikum Pak Dhe,
    Ini Sanip pakdhe, kalo inyong pergi ke kampung njenengan, Mercynya bisa nyampe halaman to?.
    He he salam dari pak Makmur, katanya kalo cuman pengin naik Mercy ya baik-baik aja sama saya. Tapi kalo pengin punya sendiri ya satu2nya jalan usaha sampai takdir kita terkuak memang bisa dapet Mercy enggak. :) Tapi kalo mau mengkang kodrat ya siapin menyan banyak banyak . he he . Salam u Keluarga  

  2. # Blogger Sibolang

    to pak sanip====>Klo dah usaha gak bisa2 juga, mending kita buat usaha kecil2an buat merci dolanan aja pakdhe  

Post a Comment



© 2006 P A S E D U L U R A N | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health